SOPPENG – Sebelumnya mengalami kerusakan hingga 1,5 KM, Kini ruas jalan di Cabbenge, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng telah mengalami perbaikan dan beraspal mulus sehingga bisa dinikmati oleh para pengendara.

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel Ikuti Rapat Paripurna 17 Tahun Sulawesi Barat

Pengerjaan ruas jalan yang menghubungkan Cabbenge dengan Kota Watansoppeng ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Penanganan berupa pengaspalan dan pengerasan bahu jalan dengan konstruksi beton rabat. Serta pelebaran eksisting 5 meter menjadi 7 meter. Total jarak pengerjaan proyek ini sepanjang 3,43 km, yang 1,5 KM-nya memiliki ruas jalan rusak berat sehingga sering dikeluhkan oleh para pengendara.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa progres fisik pengerjaan ruas jalan di Cabbenge untuk tahun 2021 ini sepanjang 3,43 km sudah 100 persen.

“Kami terus mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. Khususnya dengan LHR tinggi, dengan harapan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Andi Sudirman, Rabu (22/9/2021).

Lanjut Andi Sudirman, mengungkapkan bahwa ruas jalan ini merupakan salah satu jalan prioritas Pemprov Sulsel, Mengingat menjadi salah satu infrastruktur jalan dengan lalu lintas harian rata- rata (LHR) tinggi.

“Untuk APBD Tahun 2022, telah kita anggarkan lagi lanjutan ruas ruas LHR tinggi di Sulsel untuk menjadi Persetujuan bersama DPRD Sulsel,” ungkpanya.

Terakhir, Andi Sudirman menambahkan, bahwa dalam enyelesaian ruas jalan ini, direncanakan akan dilanjutkan pembangunannya oleh Pemprov Sulsel pada tahun 2022. Berupa pengaspalan dan pelebaran jalan sepanjang 1,5 km yang rusak berat.

“Pada ruas ini masih terdapat segmen dengan kondisi rusak berat sepanjang 1,5 km. In Syaa Allah akan kita tuntaskan penanganannya tahun 2022,” terangnya.