NTB – Seorang bocah berumur 7 tahun, Muhammad, tinggal di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dibayar sebanyak Rp 2 ribu setelah mengerjakan pekerjaan berat, seperti membersihkan kandang bebek dan mencari pakan kambing.

Baca Juga : Miris! 293 Jurnalis Dipenjara, 24 Orang Tewas Saat Bertugas

Salah satu relawan, Setiawan, mengatakan Muhammad hanya tinggal dengan bibinya yang merupakan pekerja serabutan, hal ini membuat anak tersebut kerap kali tak mendapat uang jajan ke sekolah.

“Muhammad tinggal dengan bibinya yang bekerja serabutan, sehingga kerap kali ia tidak memiliki uang jajan ke sekolah. Tapi, dia rajin sekolah, tidak nakal. Walaupun tidak ada uang ia tetap sekolah,” katanya, Selasa (11/1/2022).

Untuk mendapatkan uang tambahan, Muhammad tidak segan menerima pekerjaan dari warga sekitar seperti membersihkan kandang bebek atau mencari pakan kambing dengan upah yang rendah.

“Dia dibayar Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Kerja selepas pulang sekolah. Anaknya rajin, apa saja disuruh mau,” lanjutnya.

Setiawan berpesan kepadanya agar tak malas ke sekolah dan jangan nakal.

Ia juga mendorong masyarakat untuk membantu Muhammad.

“Saya meminta bantuan masyarakat agar bersama-sama membantu Muhammad denna membelikan kambing atau bebek, karena ia senang beternak. Jadi ia bisa menghasilkan uang dari hasil ternaknya,” usulnya.

Baca Juga : Miris, Anak Tega Bunuh Ibu Kandung