California, Rakyat News – Mungkin inilah kesan pertama yang traveler rasakan begitu tiba di Bubblegum Alley di California, AS. Sesuai namanya nih traveler, gang ini merupakan tempat yang penuh dengan permen karet di atas dinding gang setinggi 4,6 meter dan panjang 21 meter. Di sepanjang lorong, terdapat beraneka permen karet dalam berbagai warna, hasil dari kunyahan pengunjung yang melewatinya dan menempel permen-permen karet penuh menutupi dinding. Meskipun menjijikkan, tempat ini selalu saja ramai dikunjungi  dan merupakan tempat wisata bersejarah di pusat kota San Luis Obispo, California.

Tidak ada yang tahu bagaimana awal mula sejarah Bubblegum Alley ini. Siapa yang memulai penempelan perdana pun tidak diketahui secara jelas. Ada yang bilang tradisi ini dimulai setelah Perang Dunia II saat acara kelulusan SMA San Luis Obispo. Ada juga yang bilang bahwa Bubblegum Alley ini hasil persaingan antara SMA San Luis Obispo denan Universitas Cal Poly, tahun 1950-an yang mengyangka bahwa murid San Luis Obispo ini mencoba melebihi mereka dalam membuat dinding permen karet, dari kompetisi tidak jelas ini akhirnya tetrcipta Lorong Permen Karet ini.

 

bubblegum alley

Bubblegum Alley pernah mengalami pembersihan dikarenakan para pemilik toko mengeluh tempat tersebut jorok. Tetapi, di tahun 1970an dan 1996 dinding ini lolos dari pembersihan sebanyak 3 kali. Jika diteliti, sebenarnya tempelan permen-permen karet ini tidak sembarangan loh traveler, beberapa orang menganggap Bubblegum Alley sebagai salah satu bentuk seni, mereka dapat melihat susunan bentuk, kata dan desain wajah, bunga surat serta tulisan ”I Love SLO”  dalam berbagai warna dan ukuran.

bubblegum alley3

Selain permen karet banyak juga benda lain yang ditempel di dinding ini seperti sendok plastic, recehan, bungkus permen dan masih banyak lagi. Mau mengunjungi dinding unik ini traveler? Silahkan datang saja ke San Luis Obispo di California. (*)