TEKNO – Membandingkan Pixel 5 dengan Pixel 5a untuk menentukan ponsel Google mana yang merupakan pilihan yang lebih baik.

Perbedaan antara Pixel 5 dan Pixel 5a untuk menentukan apakah yang pertama benar-benar sepadan dengan uang ekstra atau apakah Anda harus menghemat uang Anda dan pergi dengan anggota terbaru dalam keluarga Pixel Google.

Baca Juga: 6 Kelebihan Android 12 Beta 4 lilbits Google
Berikut 7 Perbedaan Google Pixel 5a vs Pixel

1. Harga Google Pixel 5 dan Pixel 5a

Untuk $ 449, Pixel 5a hadir dalam satu konfigurasi dengan Snapdragon 765G, RAM 6GB, dan penyimpanan 128GB. Pixel 5a hanya akan tersedia di AS dan Jepang.

Mulai dari $ 699, Pixel 5 adalah ponsel Pixel termahal di pasaran hingga kedatangan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akhir tahun ini. Muncul dengan chip Snapdragon 765G, 8GB RAM dan 128GB penyimpanan. Sulit untuk menemukan Pixel 5 dalam stok pada saat penulisan; itu dapat, bagaimanapun, dibeli di Amazon dengan tanggal pengiriman yang tertunda.

2. Desain Pixel 5 dan Pixel 5a

Sisipkan meme Spiderman menunjuk dirinya sendiri. Artinya, kedua ponsel ini terlihat sangat mirip karena berbentuk persegi panjang dengan sensor sidik jari di bagian belakang. Mereka bahkan memiliki modul kamera squircle yang sama di sudut kiri atas yang menampung lensa sudut lebar standar dan sensor sudut ultra lebar sekunder.

Mereka mungkin terlihat mirip tetapi saingan saudara tidak merasakan hal yang sama. Casing aluminium daur ulang 100% Pixel 5 memiliki tekstur kasar dan berpasir yang membuatnya mudah digenggam. Membandingkan permukaan Pixel 5 yang kasar adalah hasil akhir yang halus dan lembut pada Pixel 5a, yang juga terasa nyaman di tangan dan membuat ponsel lebih mencengkeram daripada yang lain. Ini kasar vs halus, tetapi pada akhirnya, kedua ponsel nyaman untuk dipegang.

Juga membantu dengan ergonomi adalah tampilan tepi-ke-tepi ponsel yang diaktifkan oleh kamera depan berlubang yang terletak di sudut kiri atas. Ini membuat mereka relatif kompak, meskipun Pixel 5a dengan layar 6,34 inci dapat diprediksi lebih besar dari keduanya. Melihat ukuran dan beratnya, Pixel 5a berukuran 6,3 x 2,9 x 0,35 inci dan 6,46 ons sedangkan Pixel 5 berukuran 5,7 x 2,8 x 0,3 inci dan 5,3 ons.

Satu kemenangan desain yang jelas untuk Pixel 5 adalah peringkat tahan air IP68-nya, tetapi meskipun demikian, keuntungannya lebih sempit dari sebelumnya. Itu karena Pixel 5a memperoleh peringkat tahan air IP67 sendiri, yang berarti dapat bertahan di dalam air 3 meter selama 30 menit (sedangkan Pixel 5 dapat berenang di kedalaman 6 meter). Pixel 5a menyala kembali dalam putaran ini dengan jack 3.5mm bagi mereka yang masih mendengarkan headphone berkabel.

Hal terakhir yang ingin saya sebutkan adalah warna, atau kekurangannya. Citra merek Google identik dengan warna yang menyenangkan dan penuh warna. Namun, Pixel 5 hadir dalam warna Black and Sorta Sage sedangkan Pixel 5a hadir dalam Mostly Black, yang memiliki sedikit warna hijau hutan.

3. Layar Pixel 5 dan Pixel 5a

Anda akan berpikir ponsel yang lebih mahal akan memiliki layar yang lebih besar. Itu tidak terjadi di sini. Pixel 5 memiliki layar 6 inci, 2340 x 1080 piksel, sedangkan Pixel 5a memiliki layar 6,34 inci, 2.400 x 1080 piksel. Keduanya cerah, panel OLED hidup meskipun Pixel 5 memiliki beberapa keunggulan penting.

Mungkin yang paling signifikan adalah kecepatan refresh 90Hz, yang membuat animasi dan video gerak cepat terlihat lebih mulus daripada di panel 60Hz Pixel 5a. Dan kecepatan refresh 90Hz pada Pixel 5 tidak terlalu mengganggu daya tahan karena dapat beralih antara 60Hz dan 90Hz tergantung pada konten yang ditampilkan. Kecepatan refresh tinggi paling sering terlihat pada ponsel andalan (tidak termasuk iPhone) tetapi beberapa model anggaran mencapai melewati standar kecepatan refresh 60Hz yang lama — sayang sekali Pixel 5a tidak.

Pixel 5 juga sedikit lebih berwarna dan lebih cerah daripada Pixel 5a. Mencakup 91% gamut warna DCI-P3, tampilan Pixel 5 melampaui Pixel 5a (84,5%). Layar Pixel 5 menjadi cerah dengan mengaktifkan kecerahan adaptif, mencatat waktu 610 nits. Sebagai perbandingan, Pixel 5a mencapai 501 nits.

Jadi ya, tampilan Pixel 5 lebih baik dari keduanya, tetapi panel Pixel 5a juga sangat baik dan saya berpendapat bahwa real estat tambahan lebih penting daripada kecerahan kecil dan perbedaan warna.

 

4. Performa Pixel 5 dan Pixel 5a

Juga dibagi antara Pixel 5 dan Pixel 5a adalah mesin yang memberi daya pada kedua ponsel ini. Itulah Qualcomm Snapdragon 765G, prosesor tingkat menengah atas yang memberikan kinerja keseluruhan yang solid.

Sebelum saya melangkah lebih jauh, izinkan saya membacakan detailnya: Ini bukan prosesor yang memberi daya pada sebagian besar ponsel unggulan pada tahun 2021. Kehormatan itu diberikan kepada Snapdragon 888 atau 888 Plus, yang akan Anda temukan di Samsung Galaxy S21 dan OnePlus 9 .

Mari kembali ke pertemuan kita dengan spoiler: Pixel 5 memenangkan babak ini. Bagaimana bisa? Karena ponsel ini hadir dengan RAM 8GB, bukan 6GB yang ditemukan di Pixel 5a. Akibatnya, skor multi-core Geekbench 5 Pixel 5a hanya 1.345, jauh lebih rendah dari 1.617 Pixel 5.

5. Pixel 5 dan Pixel 5a: 5G

Kedua ponsel mendukung 5G tetapi hanya Pixel 5 yang mendapatkan konektivitas mmWave 5G untuk kecepatan nirkabel tercepat. Ini adalah trade-off yang masuk akal untuk Pixel 5a karena cakupan mmWave tetap terbatas pada sudut-sudut kecil kota-kota AS tertentu. Apa yang Anda dapatkan dengan kedua ponsel adalah rasa 5G sub-6Ghz, yang memiliki jangkauan luas meskipun, kecepatannya jauh lebih lambat.

Masa pakai baterai dan pengisian daya Pixel 5 vs Pixel 5a

Di atas kertas, Pixel 5a dengan baterai 4.680mAh seharusnya memiliki sedikit keunggulan daya tahan dibandingkan Pixel 5 dan sel 4.080mAh-nya. Dalam praktiknya, keduanya hampir sama dengan nyaman bertahan sehari penuh dengan biaya tambahan.

Membandingkan runtime membutuhkan beberapa konteks. Pixel 5 dengan kecepatan refresh 90Hz yang diaktifkan bertahan selama 9 jam 29 menit pada pengujian baterai kami. Saat kami menurunkan kecepatan refresh variabel ke 60Hz, Pixel 5 mendapat angin kedua, mereda dalam 9 jam dan 53 menit. Pixel 5a mencatat waktu 9 jam 45 menit, berada di antara dua runtime tersebut. Perlu disebutkan bahwa kedua ponsel bekerja dengan baik selama penggunaan dunia nyata kami, terutama Pixel 5a, yang bertahan selama sekitar 10 jam waktu layar dalam dua hari.

Di bagian depan pengisian daya, kedua ponsel mendapatkan bahan bakar yang dipompa melalui port USB-C dan mendukung pengisian kabel 18W. Tidak seperti saudaranya yang lebih mahal, Pixel 5a tidak mendukung pengisian nirkabel atau pengisian nirkabel terbalik.

 

6. Kamera Pixel 5 dan Pixel 5a

Biasanya ada banyak info untuk diuraikan ketika berbicara tentang kamera ponsel, tetapi tidak dalam kasus ini. Itu karena Pixel 5 dan Pixel 5a memiliki pengaturan kamera yang sama persis di bagian depan dan belakang.

Kamera pada Pixel 5 dan Pixel 5a termasuk lensa sudut lebar 12 megapiksel (f/1.7) dan 16MP (f/2.2) di bagian belakang. Balikkan ponsel dan Anda akan menemukan kamera selfie hole-punch 8MP pada f/2.0.

Tidak banyak yang bisa dibandingkan di sini — kameranya identik. Yang ingin saya tekankan adalah, sementara perangkat keras pencitraan menua, kedua ponsel ini menghasilkan foto yang fantastis. Bidikan yang kami ambil menunjukkan warna yang sangat baik, rentang dinamis yang mengesankan, dan bahkan white balance. Selain itu, Google Night Sight tetap menjadi pemimpin industri untuk mengambil foto di lingkungan yang gelap.

 

7. Perangkat lunak Pixel 5 dan Pixel 5a

Kedua ponsel menjalankan Android 11 stok dengan beberapa fitur khusus Pixel, seperti Penyaringan Panggilan, yang akan mendapatkan lebih banyak informasi dari penelepon yang tidak dikenal sebelum mengirimkannya kepada Anda, dan Hold for Me, yang memungkinkan Anda mengetahui kapan seseorang kembali menelepon jika Anda ditahan.