Anies kemudian menjelaskan bahwa dulunya Jakarta dibangun mulai dari utara. Dan seiring perkembangan zaman, pembangunan lalu difokuskan ke wilayah Jakarta lainnya seperti pusat hingga selatan, sehingga menimbulkan sejumlah masalah sosial di Jakarta.

“Utara penuh, masalah sosial banyak, turun ke bawah, Jakarta Pusat sekarang, masalahnya banyak, padat, kotor. Lalu pindah ke selatan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Anies juga menuturkan jika pemindahan itu karena juga akibat banyaknya masalah yang harus diemban Jakarta. Meskipun, kata Anies, masalah tersebut harusnya diselesaikan, bukannya ditinggalkan dengan memindahkan ibu kota negara.

“Kita ini kalau ada masalah, bukannya diselesaikan, (tapi) ditinggalkan. Jakarta Utara ditinggalkan ke selatan, Jakarta Selatan sudah mulai padat, sudah mulai penuh pindahnya ke luar Jakarta,” tuturnya.

Terakhir, Anies mengutarakan harapannya agar masyarakat Kota Jakarta dapat mengembalikan wilayah utara menjadi salah satu pusat perekonomian di Jakarta.

Baca Juga: Anies Sebut Formula Penetapan UMP PP 36/2021 Tidak Sesuai di Jakarta

“Karena itu, kita bangun stadion di Jakarta Utara ingin kirim pesan kepada semua, mari kita kembalikan wilayah utara sebagai salah satu pusat perekonomian di Jakarta,” harapnya.