MAKASSAR – Seorang lansia Wiyanto Halim (89) diketahui tewas akibat diteriaki ‘Maling’ dan dikeroyok massa di kawasan JIEF, Pulo Gadung, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga : Diteriaki Maling, Massa Keroyok Lansia Hingga Tewas

Setelah proses penyelidikan lima orang ditetapkan sebagai tersangka, dan 14 orang berstatus saksi dalam aksi pengeroyokan ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan kejadian ini bermula ketika kendaraan roda empat yang dikemudikan oleh Wiyanto Halim diduga menyerempat sepeda motor, di kawasan Cipinang, Muara Timur.

“Bermula adanya serempetan di Jalan Cipinang Muara, Pulo Gadung, antara seorang pengemudi kendaraan bermotor yang kemudian merasa dirugikan akibat adanya serempetan itu,” terangnya, Selasa (25/1/2022).

Karena mobil tidak berhenti, dan pemotor merasa dirugikan akhirnya ia berteriak ‘maling’ yang menyebabkan beberapa orang turut mengejar mobil tersebut.

“Karena melihat mobil korban, (pemotor) melakukan pengejaran dan melakukan teriakan yang bersifat provokasi dengan kata-kata maling. Sehingga ini diartikan oleh orang di sekitar bahwa mobil yang melaju adalah curian,” lanjutnya, dilansir suara.com.

Berdasarkan video yang beredar, ketika aksi kejar-kejaran berlangsung sebuah mobil patroli polisi, membakkan gas air mata ke arahnya, namun keandaraan tak kunjung berhenti.

Akibat massa yang telah terprovokasi situasi menjadi tidak terjadi dan pengeroyokan tersebut tak terelakkan lagi.

“Karena situasi yang tidak terkendali dan juga massa yang banyak, dengan situasi emosional yang tidak terkendali karena mereka terprovokasi. Ini terjadilah tindak pidana kekerasan ini,” katanya.

Baca Juga : Sehari Setelah Terima Penghargaan, Made Sudana Dilantik Jadi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian