MAKASSAR – Kadis Disnaker (Dinas Ketenaga Kerjaan) Kota Makassar, Nielma Palamba, untuk program prioritas dalam Tahun 2022 sampai Lima Tahun kedepan akan lebih mendorong peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan membuka Pelatihan Skill serta Peluang Kerja untuk Warga Kota Makassar.

Baca Juga: Rapat Kerja 2022, AISI Kota Makassar Target Peningkatan Profesionalisme

Dalam program prioritas Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Makassar, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni 10 ribu Trainning gratis dan Akses 100 Ribu peluang kerja bisnis baru. Kemudian untuk berjalannya proker tersebut akan ada kolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan untuk membantu program Disnaker agar berjalan dengan baik.

“Kita ingin bagaimana Warga Kota Makassar dipersiapkan untuk memiliki skill dan peluang kerja agar pengangguran tidak semakin meningkat,” Kata Nielma Palamba kepada rakyatdotnews, Jumat (4/02/2022).

Kadis Disnaker menyampaikan, bahwa dalam program tersebut pihaknya harus memperhatikan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang (Musyawarah Pembangunan Daerah) melalui Kecamatan dan Tingkat Kota agar dapat diketahui kebutuhan masyarakat dalam bekerja seperti apa yang diminta.

Nielman Palamba juga mengatakan, bahwa Makassar merupakan Kota Jasa, kebanyakan kebutuhan pekerjaan warga dari kaum perempuan yaitu menjahit dan tata rias, sedangkan Pria yakni otomotif dan barista.

 

“Target terlaksananya proker tersebut dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu Lima Tahun kedepan, untuk Tahun ini kami lebih fokus pada 10 Ribu Training Gratis,” ujarnya.

Soal anggaran yang dilaksanakan untuk Program Prioritas Disnaker menggunakan APBD. Tetapi itu terkendala untuk terwujudnya program tersebut maka harus ada dana alternatif.

“Biasanya kami terkendala dengan anggaran APBD, maka dari itu sumber alternatif yang kami lakukan dari Lembaga donor dan dana aspirasi Anggota dewan,” Katanya.

Baca Juga: Walikota Danny Lantik Pejabat Eselon II Di Dermaga Pelabuhan Berlatar Belakang Kapal Isolasi Apung

Nielman Palamba juga menambahkan semoga program prioritas yang dijalankan sesuai target dan Visi Misi sehingga SDM semakin meningkat di Kota Makassar.