MAKASSAR – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-50, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar aksi penanaman 380 bibit mangrove di pesisir Pantai Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Baca Juga:Dorong Vaksinasi di Makassar, Dinkes: Sudah Capai 89,08 Persen

Kepala Kantor Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan, penanaman magrove tersebut untuk mendukung Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan upaya pencegahan dini atas abrasi.

“Aksi penanaman 380 bibit pohon mangrove ini bertujuan melindungi suatu wilayah dari gelombang laut dan terjadinya abrasi,” ungkapnya, Jumat (04/02/22).

Basarnas Sulsel bekerja sama dengan TNI Polri, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, dan sejumlah organisasi SAR dalam aksi penanaman bibit mangrove tersebut.

Djunaidi mengatakan, tak hanya di Sulsel, Basarnas daereh lain pun turut memeriahkan dan berpartisipasi dalam peringatan HUT lembaga pencarian dan pertolongan pertama di Indonesia ini.

“Kegiatan serupa penanaman mangrove ini juga dilaksanakan pada beberapa kantor SAR di seluruh Indonesia, untuk merayakan HUT Ke 50 Basarnas,” lanjutnya.

Baca Juga: 3 Fakta Terkait Tunangan Changsung 2PM

Demikian, Djunaidi berterima kasih kepada seluruh unsur yang telah membantu kesuksesan proses penanaman mangrove. Menurutnya, kerja sama merupakan elemen penting dalam setiap kegiatan kemanusiaan.