MAKASSAR – Unit Pelayanan Teknis Dinas Laboratorium Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan memaparkan fokus program prioritas yang akan dilaksanakan selama satu periode sepanjang tahun 2022, saat diwawancara oleh wartawan Rakyat.news di Kantor Kepala UPTD Laboratorium lingkungan hidup, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulsel , Makassar, Jumat (04/02/2022).

Baca juga: Bank Sampah , Ramah Lingkungan Bernilai Ekonomi

Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Sulsel, Muh. Arfah, memberikan keterangan terkait fokus program prioritas UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup.

“Tujuan dari UPTD Laboratorium lingkungan hidup ini yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memonitoring (pengujian) terhadap kualitas lingkungan hidup (Kualitas Air dan Udara) masyarakat Sulawesi Selatan,” jelas Arfah.

Dengan visi yaitu terwujudnya laboratorium lingkungan hidup yang profesional dan berstandar internasional. Dapat dimengerti fokus program prioritas dari UPTD Laboratorium lingkungan hidup sulsel yaitu melakukan pengujian kualitas air dan udara masyarakat Sulawesi Selatan.

Diketahui UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Sulsel mengajukan anggaran tiap tahunnya kepada pemerintah pusat yang bersangkutan untuk keperluan tenaga kerja (analis) serta sarana dan prasarana, Namun ironisnya semenjak tahun 2016 Anggaran yang dibutuhkan belum juga terwujud sampai tahun 2022.

“Kami berharap agar pihak pemerintah pusat dapat lebih memperhatikan kewenangan yang diperlukan oleh unit pelaksana teknis laboratorium lingkungan hidup sulsel,” ucap Arfah.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Analis Keimigrasian Ahli Utama

Dengan bantuan pemerintah pusat UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Sulsel tentunya akan bisa beroperasi secara maksimal, profesional serta terstandardisasi internasional.