MAKASSAR – Acara konser musik yang digelar di Celebes Convention Center (Triple C), Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dibubarkan secara paksa oleh aparat karena diduga melanggar protokol kesehatan (prokes), Sabtu (5/2/2022) sekitar pukul 19.00 Wita.

Baca Juga: 22 Penonton Positif Covid-19, Konser di Makassar Dibubarkan

Konser musik yang menghadirkan sejumlah musisi lokal dan ibu kota tersebut dibubarkan karena diduga melanggar aturan prokes berupa melebihi jumlah kapasitas penonton yang seharusnya, yakni 3.000 orang.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan “Danny” Pomanto, mengatakan bahwa konser tersebut berpotensi dikenai pidana.

“Pidana bisa saja, nanti kita serahkan bersama aparat hukum,” kata Danny dilansir detikdotcom, Sabtu (6/2/2022).

Lanjut Danny, mengatakan kalau dirinya tidak segan menjatuhkan sanksi bagi panitia konser tersebut jika melanggar aturan pengendalian COVID-19. Sehingga, katanya, pihaknya akan memanggil panitia besok.

“Konsekuensi ke panitia, kita akan panggil panitianya segera, besok kita panggil itu,” ujar Danny.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, mengungkapkan jika dirinya memastikan akan memberikan saksi berupa pidana kepada panitia jika nantinya terbukti melanggar aturan prokes.

“Besok kita panggil panitianya. Kewenangan itu (pidana) di polisi. tapi kita akan panggil besok,” kata Hendra.

Bersama petugas Satpol PP, kata Hendra, Satgas COVID-19 akan melakukan pemeriksaan dari konser tersebut demi memastikan proses yang di adukan masyarakat sepenuhnya telah berjalan.

“Oleh tim Satgas COVID-19 Makassar akan memeriksa mereka bersama juga Satpol PP,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya, jika petugas Satpol PP Kota Makassar telah membubarkan konser tersebut karena dinilai melanggar prokes.

Namun, pembubaran tersebut membuat para penonton konser yang hadir tidak terima dan melempari petugas yang berupaya membubarkan konser yang berada di gedung Triple C, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Baca Juga: PCX Stream Concert, Asmo Sulsel Gelar Konser di Atas Awan

Bahkan, diduga terdapat 22 penonton yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes antigen sebelum memasuki acara festival musik tersebut.