LUWU UTARA Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melakukan kunjungan terhadap penyandang disabilitas, di Dusun Kopi-kopi Desa Banyu Urip, Kecamatan Bone-bone. Pada Saat itu Ia juga meminta kepada kepala desa untuk mengoptimalkan SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu).

Baca Juga : Desa Wadas Dikepung Aparat, Istana Akan Lakukan Evaluasi

Menurut Indah, SLRT adalah sistem layanan yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin.

“Serta menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota sesuai dengan kebutuhan,” katanya, Selasa (8/2/2020).

Ia juga menegaskan, kepala desa harus cepat mengetahui permasalahan di desa tanpa menunggu kabar di media sosial.

“Kita harus cepat menemukan permasalahan, jangan ditutup-tutupi karena penyandang disabilitas bukan aib. Permasalahan bukan untuk ditutup-tutupi tapi diselesaikan. Terlebih saat ini kita juga sudah punya Perda Perlindungan Disabilitas, dan banyak sekali program pemerintah untuk saudara-saudara kita,” tuturnya. Indah saat berbincang dengan kepala desa didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial, Ari Setiawan, Ketua Markas PMI, Andi Tiar, dan Camat Bone-bone Isa Ansari.

Terkait Dasa Wisma, Ia juga meminta kepada kades untuk bersinergi bersama PKK untuk mengaktifkan kegiatan tersebut.

“Galakkan Posyandu, pastikan ibu hamil memeriksa kehamilan secara rutin minimal 4 kali. Hal ini kita lakukan untuk memastikan asupan gizi terpenuhi sejak dalam kandungan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pintanya.

Selain mengunjungi disabilitas, Indah juga menjenguk warga yang terserang stroke ringan masing-masing Rustading (45), di Banyu Urip, dan Lamidi (60), warga Desa Patila, Kecamatan Tanalili.

Pada kesempatan itu bupati periode kedua ini memberikan alat bantu berupa tongkat besi dan kursi roda.

“Kita berharap bantuan ini bisa dimaksimalkan untuk membantu proses pemulihan,” harapnya.

Baca Juga : Camat Makassar Terima Kunjungan Pendamping PKH