MAKASSAR – Demi menjaga Ketajaman dan meningkatkan kemampuan personelnya, Jajaran Personel dari Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel melaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak Hoegeng, SPN Polda Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Km 7, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga : Gerak Cepat, Tim SAR Batalyon A Pelopor Bantu Bersihkan Pohon Tumbang

Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Sapari yang memantau langsung kegiatan personelnya mengatakan, latihan menembak ini merupakan program rutin dilaksanakan Brimob.

“Latihan menembak ini tujuannya agar personel Polri terampil dalam menggunakan senjata pistol yang mereka pegang masing-masing dan bertanggung jawab atas senjata api tersebut,” kata Kompol Sapari.

Sapari menyampaikan, salah satu materi yang dilatihkan adalah menembak lanjutan dengan menggunakan Barikade dan senjata api jenis Laras Panjang AK-101.

“Dalam latihan personel terlebih dahulu diingatkan untuk tetap menjalankan SOP penggunaan senjata api pada setiap pelaksanaan tugas, sehingga dapat menghindari kesalahan prosedur dalam penggunaan senjata api dan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Ia menegaskan, penggunaan senjata api bukan sebagai sarana untuk menunjukkan kekuatan atau arogansi, melainkan guna melindungi masyarakat dari ancaman yang membahayakan jiwa dan wujud Bhakti Brimob kepada masyarakat.

“Dalam pelaksanaan latihan selain meningkatkan kemampuan dalam penggunaan senjata api secara tidak langsung personel dilatih untuk lebih disiplin, karena peruntukan senjata api itu untuk melindungi masyarakat,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol. Heru Novianto mengatakan, kemampuan menembak mutlak harus dimiliki oleh setiap personel Brimob Polda Sulawesi Selatan.

“Brimob merupakan pasukan elit yang dimiliki oleh institusi Polri, jadi salah satu kemampuan harus mereka kuasai adalah menembak cepat dan tepat, tentunya hal ini membutuhkan latihan yang rutin dan berkesinambungan. Ketika semua kemampuan Brimob telah dikuasai oleh setiap anggota, Insya Allah dalam pelaksanaan tugas pun akan berhasil sehingga Bhakti Brimob untuk masyarakat akan terwujud juga,” pungkasnya.

Baca Juga : Terseret Ombak di Pantai, Batalyon A Pelopor Temukan Korban Tenggelam