Saat ditemui, Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Sapari, S.Sos, mengungkapkan bahwa latihan pemeliharaan kemampuan ini sebagai bentuk profesionalisme Korps Brigade Mobil dalam membina kemampuan personilnya. Menurutnya, latihan kemampuan PHH ini juga merupakan salah satu dari sekian kemampuan yang dimiliki Brimob Polri.

Menurut penuturan Danyon A Pelopor, kegiatan latihan PHH ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan diri masing-masing personel utamanya dalam hal penanganan aksi unjuk rasa yang sering berujung bentrok antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan.

“Sebagai pasukan pemukul terakhir Polri, kami dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional, untuk itu sebagai bekal pelaksanaan tugas di lapangan kami rutin menggelar latihan peningkatan kemampuan Brimob seperti latihan SAR, PHH,” ujar Danyon.

Baca Juga: Eks Kapolda Sulsel, Aryanto Boedihardjo Tutup Usia

“Kami akan terus melakukan latihan peningkatan kemampuan demi menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Sulawesi Selatan khusunya di Kota Makassar itu sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” ungkap Sapari.