BULUKUMBA – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bulukumba kembali menggelar pelatihan berbasis Kompetensi untuk tahun anggaran 2022, Selasa (15/02/2022).

Baca juga: Sosialisasi Verval, Dinsos Bulukumba Perbaiki Data Warga Miskin

Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi ini akan diselenggarakan selama sebulan lebih ke depan mulai tanggal 15 Februari 2022 sampai dengan 7 April 2022.

Kepala Balai Latihan Kerja Bulukumba, H Yusuf, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kerja ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia khususnya di wilayah Bulukumba

“Untuk tahap pertama ini secara diikuti oleh 112 peserta yang terdiri dari 7 program pelatihan,” ungkapnya.

Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bulukumba menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Dikatakan, setiap program pelatihan diikuti oleh 16 peserta. Setelah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja, para peserta akan mengikuti Uji Kompetensi untuk mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Sekretaris Daerah, Muh Ali Saleng saat membuka acara menjelaskan bahwa salah satu permasalahan pokok yang dihadapi pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat selama ini adalah keterbatasan tenaga kerja yang memiliki keterampilan. Apalagi situasi ekonomi saat ini mengalami keterpurukan karena wabah pandemi Covid-19

Dikatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan salah satu upaya membangkitkan kembali perekonomian melalui berbagai kegiatan kegiatan produktif di berbagai sektor.

Selan itu, pelatihan tersebut adalah bagian dari mencapaian visi misi pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam mewujudkan masyarakat produktif yang berkearifan lokal.

“Masyarakat produktif hanya bisa dicapai apabila masyarakatnya bisa produktif dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada,” ungkapnya.

Tambahnya, Sekda menaruh harapan kepada para alumni pelatihan ini nantinya untuk memulai berusaha dengan membuka lapangan usaha sesuai kompetensinya.