KESEHATAN – Pengertian Kebugaran Jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Setelah melakukan aktivitas secara optimal, tubuh masih memiliki cadangan tenaga untuk dapat melakukan kegiatan lainnya.

Baca Juga: 4 Fakta Nutrisi Perkuat dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Untuk mencapai kesegaran jasmani dibutuhkan beberapa komponen dan unsur-unsur yang harus dipenuhi. 10 Manfaat kebugaran jasmani tersebut adalah:

1. Kekuatan

Pengertian kekuatan adalah kemampuan otot dalam tubuh untuk memikul beban atau melakukan aktivitas. Setiap individu memiliki batas kemampuan masing-masing dalam menggunakan ototnya untuk melakukan aktivitas.

Baca Juga: Anak Radang Tenggorokan, Berikut 5 Obatnya

Kekuatan otot dapat ditingkatkan dengan melakukan berbagai latihan fisik secara rutin dan teratur. Beberapa bentuk latihan fisik yang dapat meningkatkan kekuatan otot diantaranya:

  • Latihan sit up, untuk memperkuat otot perut
  • Latihan push up, untuk memperkuat otot lengan
  • Latihan squat jump, untuk memperkuat otot tungkai dan perut
  • Latihan pull up, untuk melatih kekuatan bahu dan tangan

2. Daya Tahan

Pengertian daya tahan adalah kesanggupan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan lain-lain, secara efektif dan efisien. Daya tahan tubuh juga dapat dilatih dan ditingkatkan kemampuannya.

Baca Juga: Weekend Sehat, Bupati Lutra Lakukan Fun Camping dan Bersepeda

Namun, latihan daya tahan tubuh berbeda dengan latihan otot. Beberapa latihan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya:

  • Berjalan sehat secara rutin
  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan seminggu sekali
  • Berenang untuk melatih kekuatan paru-paru

3. Daya Otot

Pengertian daya otot adalah kesanggupan dan kemampuan otot dalam menghasilkan kekuatan secara semaksimal mungkin dalam waktu yang cepat. Sebagai contoh, kemampuan seorang atlit angkat besi dalam memikul beban dalam waktu tertentu.