KESEHATAN – Sistem kekebalan tubuh, juga dikenal sebagai sistem kekebalan, adalah kumpulan sel-sel, dan organ yang bekerja untuk melindungi tubuh dari molekul asing  dan mereka dapat menyebabkan penyakit bagi anak. Nutrisi Perkuat dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak.

Baca Juga: Anak Radang Tenggorokan, Berikut 5 Obatnya

Sistem kekebalan tubuh bayi saat lahir masih belum sempurna seperti orang dewasa dan akan terus tumbuh dan beradaptasi dengan bertambahnya usia. Sistem imun yang berfungsi dengan baik mampu mengenali dan merespon sistem imun, memiliki rasa resistensi, dan mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan agar tidak sakit.

Sistem imun itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain nutrisi, keseimbangan mikrobiota saluran cerna, vaksinasi, olahraga, dan kebersihan. , serta tidur yang cukup setiap hari. Nutrisi yang tepat untuk bayi Anda adalah salah satu pilar yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Kekurangan Gizi

Berikut fakta 4 nutrisi yang meningkatkan sistem imun anak. Nutrisi untuk Memperkuat dan Meningkatkan Kesabaran Anak

1. Zinc

Berguna untuk merangsang fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, menjaga metabolisme anak kecil, dan bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, seng juga dapat mencegah infeksi pada anak Anda dan telah terbukti mempercepat penyembuhan dan mengurangi gejala infeksi bakteri. Ibu bisa memberi anak Anda telur, keju, daging merah, ayam, roti gandum.

2. Zat Besi

Memainkan peran kunci dalam pembentukan hemoglobin, komponen sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tidak berfungsinya sel darah putih yang dapat melawan kuman. Ibu bisa memberi sedikit daging merah, ayam, bayam, brokoli, tahu, tempe.

3. Vitamin A, C, dan D

membantu mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan produksi komponen sistem imun tubuh. Vitamin A memiliki efek anti-inflamasi, dan dapat ditemukan dalam telur, hati ayam, wortel, dan susu. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan parah.Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran seperti jeruk, jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, dan tomat. Vitamin D sangat membantu dalam mengatur metabolisme kalsium dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit autoimun, dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Vitamin D ditemukan dalam minyak ikan, produk susu, dan kacang-kacangan. Paparan sinar matahari juga memainkan peran kunci dalam timbulnya vitamin D dalam tubuh.

4. Prebiotik

Prebiotik adalah sekelompok nutrisi yang dapat dihancurkan oleh mikrobiota usus yang dapat melindungi bayi Anda dari bakteri berbahaya yang menyebabkan masalah pencernaan. Frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS) merupakan prebiotik yang dapat meningkatkan kesehatan fisik. Ibu bisa memberi anak Anda pisang, tomat, asparagus, bawang putih, dan madu. Selain itu, ibu juga bisa memberikan susu dengan prebiotik untuk bayi.

Baca Juga: Hasil Studi Analisis, Pemerintah Wacanakan Booster Keempat

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, seorang ibu dapat melengkapi nutrisi anak melalui “Nutrilon Royal Actiduobio +”Mengandung LCPUFA (seperti DHA dan EPA) yang berkontribusi dalam pembentukan sel-sel tubuh. Studi menunjukkan keseimbangan LCPUFA (Omega 3 dan Omega 6) akan meningkatkan pertumbuhan sistem kekebalan, kontrol kekebalan dan respons kekebalan.