DUNAI – Berikut adalah 6 daftar senjata dan kendaraan militer yang digunakan Rusia untuk menyerang dan melakukan invasi di Ukraina. Termasuk rudal, pasukan darat, serangan udara. Demikian menurut laporan Washington Post, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Kerahkan Pasukan, Tank Rusia Berderet hingga 5 Kilometer ke Ibu Kota Ukraina

6 Daftar Senjata dan Kendaraan Militer Rusia Invasi Ukraina

1. Kendaraan darat

Tank dan kendaraan lapis baja Rusia tampaknya melakukan beberapa oposisi. Di kota timur laut Glukhov dekat perbatasan Rusia tank T-72 dirusak oleh tank Javelin anti-tank yang didanai AS, kata pemerintah Ukraina di media sosial yang menunjukkan tank Rusia terbakar. Kendaraan bersenjata dengan huruf ‘Z’ melewati tank era Soviet, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di kota Armyansk, Krimea, Kamis (24/2 / 2022)

2. Jet Tempur

Selama pengepungan di Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, militer Rusia telah memperkenalkan serangkaian pesawat atau jet tempur yang mampu menembak di darat atau menjatuhkan bom, seperti bom kelompok, atau senapan serbu.

Baca Juga: Imbas Invasi, Uni Eropa Tutup Wilayah Udaranya Untuk Rusia

Pasukan militer Rusia juga tampaknya memimpin operasi penting, menggunakan jet tempur untuk menargetkan pembangkit listrik panas di dekat Kiev, kata pejabat Ukraina.

3. Artileri Berat

Militer Rusia diperkirakan  menggunakan amunisi berat di sekitar perbatasan Ukraina, rudal balistik jarak pendek, rudal jelajah, dan artileri berkekuatan tinggi melakukan invasi.

Pada hari pertama serangan Rusia, pasukan Moskow menembakkan lebih dari 160 rudal ke Ukraina, terutama rudal balistik pendek dan menengah, kata seorang pejabat senior keamanan AS kepada wartawan, Kamis.

Rusia juga tampaknya menggunakan rudal angkatan laut, rudal jelajah dan rudal yang direkonstruksi di laut, kata pejabat itu.

4. Pasukan darat

Stasiun negara Ukraina juga berbagi foto yang menunjukkan tentara Rusia yang ditangkap, termasuk mata-mata intelijen Rusia yang dicurigai ditahan di Chernihiv, di wilayah utara.

Baca Juga: Miliki 40.000 Tentara, NATO Kirim Ribuan Pasukan ke Ukraina

Beberapa foto yang belum dikonfirmasi menunjukkan tentara Rusia yang ditangkap, beberapa bersenjata. Sekelompok truk militer diparkir di Jalan Mykolaivka, wilayah Donetsk, kawasan yang dikuasai pengunjuk rasa pro-Rusia di Ukraina timur, Minggu (27/2/2022). Perang juga berkecamuk di dua negara bagian timur yang dikuasai oleh separatis yang mendukung Rusia.

5. Bom termobarik

Rusia telah membawa bom termobarik, salah satu senjata yang paling ditakuti di dunia, selama invasi Ukraina.