PAREPARE – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengucurkan Rp 30 Miliar, bantuan keuangan daerah untuk pembangunan jembatan kembar Jalan Lingkar Parepare.

Andi Sudirman menyerahkan bantuan tersebut saat menghadiri Rapat Paripurna 62 Tahun Kota Parepare di Kantor DPRD, Selasa, 1 Maret 2022. Selain itu, Pemprov telah menggelontorkan lebih dari Rp117 miliar untuk pembangunan di Kota Parepare.

Baca Juga : HUT Kota Parepare Ke-62, Andi Sudirman Serahkan Bantuan Rp 30 Miliar ke Taufan Pawe

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah memberikan bantuan keuangan daerah bawahan tahun anggaran 2021 senilai Rp10 miliar untuk pembangunan jalan lingkar tengah (Swaka Alam Lestari) sepanjang 1,3 KM yang mendukung jalur Kereta Api Makassar – Parepare.

“Hari ini Pemprov memberikan bantuan kuangan. Karena sudah terserap 100 persen (bantuan keuangan 2021). Diberikan sebesar Rp 30 M untuk bangun Jembatan Kembar Jalan Lingkar Pare Pare,” kata Andi Sudirman.

Adapun bantuan keuangan daerah bawahan kepada Pemerintah Kota Parepare tahun ini untuk pembangunan jembatan kembar jalan lingkar tengah dengan panjang bentangan 80 meter.

Bangun Jembatan Kembar Jalan Lingkar Parepare, Plt Gubernur Kucurkan Rp 30M
Foto: Dokumen Istimewa.

Dengan adanya akses ini sebagai alternatif jalan lingkar untuk mengurai kemacetan termasuk mensupport sistem kereta api nantinya yang stasiun utamanya berhadapan langsung.

“Nantinya akses ini, mendukung pembangunan jalur kereta api Makassar – Parepare yang merupakan proyek strategis nasional. Serta akan mempercepat penyaluran barang dan jasa, dan mengurangi kemacetan di jalur utama,” sebutnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat menghadirkan salah satu proyek strategis nasional di Sulawesi Selatan, yakni pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Parepare.

Pemprov juga telah menghadirkan Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie di Kota Pare-pare yang telah beroperasi dan dinikmati layanan kesehatan oleh masyarakat.