DPRD Makassar

3 Gaya Hidup bagi Lansia

3 Pola Hidup Sehat bagi Lansia
Pada dasarnya tidak ada perbedaan besar antara gaya hidup sehat untuk lansia dengan kelompok usia lainnya. Namun, mengingat kondisi fisik lansia yang tidak sekuat dan sesehat saat masih muda, (sumber : Bernas.id)

MAKASSAR – Pada dasarnya tidak ada perbedaan besar antara gaya hidup sehat untuk lansia dengan kelompok usia lainnya. Namun, mengingat kondisi fisik lansia yang tidak sekuat dan sesehat saat masih muda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak di ulasan berikut :

Baca Juga : Bangun Jembatan Kembar Jalan Lingkar Parepare, Plt Gubernur Kucurkan Rp 30M

1 . Pola Makan Sehat

Tingkatkan asupan sayuran dan buah-buahan, sumber makanan protein, vitamin B12, asam folat, seng, dan kalsium.  Ganti lemak jenuh dengan lemak sehat, seperti lemak alpukat, minyak zaitun, minyak canola, dan kacang-kacangan.

Juga kurangi kebiasaan makan yang buruk, seperti mengurangi konsumsi makanan manis, makanan berenergi dan minuman bersoda.  Makanan dan minuman ini akan meningkatkan asupan kalori tanpa memberikan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh yang menua.  Anda juga harus menghindari praktik berbahaya lainnya, seperti merokok dan penyalahgunaan alkohol.

Orang tua dengan tekanan darah tinggi juga perlu mengurangi makanan asin karena makanan ini dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Seiring bertambahnya usia, lebih mudah bagi Anda untuk tidak merasa haus, sehingga orang yang lebih tua lebih cenderung mengalami dehidrasi.  Dengan demikian, peningkatan penggunaan air telah diintegrasikan ke dalam perawatan kesehatan orang tua untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Minum air juga penting agar oksigen dalam darah, yang kemudian diangkut ke otak, disimpan.  Dengan begitu, memori dan fungsi mental di otak Anda akan tersimpan selama Anda beraktivitas.

Meskipun minum air putih itu penting, orang tua harus menghindari minum terlalu banyak air.  Apalagi jika ia memiliki masalah ginjal atau penyakit jantung.  Jika Anda memiliki dua kondisi, tanyakan kepada dokter Anda berapa banyak air yang perlu Anda minum setiap hari.

3. Olahraga

Jangan salah, olahraga untuk lansia merupakan bagian penting dari kesehatan yang baik.

Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi metabolisme, dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, stroke, dan depresi, darah, obesitas, dan berbagai penyakit lain yang umum terjadi pada lansia.