4. Vakuola

Vakuola hanya terdapat pada sel tumbuhan, sel hewan biasanya tidak memiliki vakuola. Namun, protozoa dapat membentuk vakuola food grade yang berfungsi sebagai sumber makanan dan pencernaan.

Dalam sel tumbuhan, vakuola mengandung air yang larut di dalamnya berbagai mineral, gula, asam organik dan zat lainnya. Sel yang lebih kecil mengandung beberapa vakuola yang lebih kecil.

Ketika sel tumbuhan dewasa memiliki satu vakuola besar yang terkadang mengontrol sel. Deskripsi ini tercantum dalam buku Pembelajaran Biologi Praktis.

5. Lisosom

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dilihat dari adanya lisosom. Sel hewan tidak memiliki lisosom, sedangkan sel tumbuhan tidak. Lisosom adalah membran.

Lisosom, terdapat enzim yang berperan dalam pembusukan atau pembusukan banyak sel. Lisosom digunakan oleh sel untuk mencerna molekul besar.

6. Letak Nukleus

Nukleus adalah nukleus yang berbentuk lingkaran atau elips dan dilindungi oleh membran nukleus. Sel hewan dan tumbuhan memiliki nukleus. Bedanya ada di area pusar.

Letak inti sel hewan berada di tengah, sedangkan pada sel tumbuhan letak inti berada di ujung sel. Di dalam nukleus terdapat gen (gen). Ketika sel sedang dalam proses mengisolasi diri, gen-gen tersebut akan disalin dan dikemas dalam bentuk kromosomal gelendong.

Ayam juga berfungsi sebagai pusat pengatur aktivitas sel dan terdiri dari cairan nukleus (nukleoplasma), nukleus (nukleolus), dan membran nukleus.

7. Sentrosom

Sentrosom adalah komponen melingkar kecil yang ditemukan dalam jumlah nukleus yang sama dan hanya ditemukan pada sel hewan. Sentrosom selama produksi sel akan dibagi menjadi sentriol.

Baca Juga : 4 Tips Bangun Hubungan Erat Orangtua dan Anak

Pilihan Video