JAKARTA -Sel hewan dan tumbuhan memiliki banyak perbedaan. Sel sendiri menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian atau struktur terkecil dari suatu organisme yang terdiri dari satu atau lebih inti, protoplasma, dan benda mati yang dikelilingi oleh membran sel.

Perbedaan utama antara sel hewan dan tumbuhan terletak pada bagian depan dinding sel. Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sementara, sel tumbuhan memiliki dinding sel dengan selulosa.

Baca Juga : Tips Terbaru Membedakan Kucing Jantan dan Betina 

Berikut 7 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

1. Dinding Sel

Berdasarkan buku Anatomi Tumbuhan, dinding sel merupakan ciri khas sel tumbuhan yang membedakannya dengan sel hewan. Dinding sel berperan sebagai penyokong mekanis organ tumbuhan, khususnya pada dinding tebal.

Dinding sel memengaruhi aktivitas penting jaringan tumbuhan, seperti penyerapan, transpirasi, translokasi, dan sekresi. Dinding sel tumbuhan terdiri dari tiga lapis, yaitu lamela tengah (antarsel), dinding primer, dan dinding sekunder.

Adanya dinding sel ini merupakan perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan.

2. Sentriol

Mengutip sebuah buku Pembelajaran Biologi Praktis, Sentriol adalah dua organisme yang berperan dalam pembelahan sel. Sentriol hadir dalam sel hewan dan jamur, sedangkan tumbuhan tidak memiliki sentriol.

Setiap sentriol terdiri dari sembilan mikrotubulus yang tersusun dalam sebuah cincin. Mikrotubulus adalah serat berbentuk silinder yang berperan dalam pembelahan sel, pergerakan kromosom, dan pergerakan organel.

3. Plastida

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan terletak pada keberadaan plastida. Plastida adalah organel yang membedakan sel tumbuhan dan tidak ada pada sel hewan. Plastida adalah organel seperti kantung yang diikat oleh dua lapisan.

Ada beberapa jenis plastida, yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Ketiganya dikenali dari warna yang mereka miliki.