BULUKUMBA – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Bulukumba secara resmi dibuka oleh Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf di Masjid Islamic Center Dato Tiro, Selasa (08/03/2022).

Baca Juga : Andi Utta Tutup Turnamen PPDI Cup 1 di Desa Bontomanai
MTQ Bulukumba Murni Gunakan Potensi Lokal
MTQ Bulukumba Murni Gunakan Potensi Lokal

Ketua Harian LPTQ Bulukumba, HM Yunus mengatakan, adapun tema MTQ, yaitu mendorong akselerasi pembangunan peradaban modern, maju, mandiri dan sejahtera serta berakhlak mulia. Pada MTQ ini, murni menggunakan potensi lokal.

“MTQ ini murni kita gunakan potensi lokal. Hakekatnya, seberapa besar kita gunakan pembinaan di tingkat kecamatan,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba ini, menyebut sudah dua tahun terakhir tak ada pelaksanaan MTQ karena suasana penuh pertimbangan dengan keselamatan COVID-19.

Foto : Dok. Istimewa.

“Alhamdulillah kerinduan akan Al-quran hari ini terjawab. Kerinduan akan kemukjizatan alquran, sehingga kita laksanakan MTQ,” katanya.

Yunus mengungkapkan, pelaksanaan MTQ yang dimulai pada 08- 11 Maret 2022 itu, sudah melewati proses seleksi di tingkat kecamatan.

“Kita harap pasca MTQ ini, kita akan melakukan pembinaan intens melalui karantina, sekaligus sebagai persiapan ke Bone nanti,” ujarnya.

Sementara, Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusufk menyampaikan selamat atas penyelenggaraan MTQ ini, semoga niat dan upaya akan memberikan pencerahan kehidupan melalui syiar Islam sehingga hidup lebih berarti dan lebih baik dari waktu ke waktu.

“MTQ hendaknya dimanfaatkan sebagai wadah untuk membangun kesadaran ummat dalam memahami, mendalami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama. Dan kita harapkan momentum ini, tak sekedar seremonial belaka,” katanya.

Lanjutnya, MTQ ini adalah momentum pembinaan dalam rangka melahirkan generasi muda yang berakhlaqul karimah, generasi muda yang memiliki spirit keagamaan untuk membangun masyarakat yang lebih beradab.