MAKASSAR – Rumor yang berkembang di kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo bahwa ada Balita yang mengalami gizi buruk ternyata keliru. Putri pasangan Hasrul – Hasna yang berdomisili di Jl. Sultan Abdullah 3 RT. 04/RW. 05 yang ditemui, Senin, 7 Maret 2022 sekitar pukul 21.00 wita mengakui putrinya lahir dalam kondisi normal, Rabu (09/03/2022).

Baca Juga : Giat Sabtu Bersih Kecamatan Tallo dan Harapan Pantai Marbo Jadi Kawasan Wisata
Foto : Dok. Istimewa.

“Putri kami lahir cukup bulan dan normal di Puskesmas Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, tapi memang berat badannya hanya 2,3 kg dengan panjang 45 cm,” kata ibu dari Nur Zahrah, Hasna yang didampingi suaminya, Hasrul.

Kader Posyandu Kelurahan Tallo, Kartini menjelaskan, Nur Zahrah, bayi yang disebut mengalami gizi buruk itu tidak benar. Sebagai kader di wilayah itu, Kartini sering menjenguknya. Hanya saja, Nur Zahrah itu belum masuk dalam daftar Kartu Keluarga (KK) orang tuanya, sehingga untuk mendapatkan penanganan medis butuh proses panjang.

“Itu anak sudah pernah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit ibu dan anak Siti Khadijah atas rujukan dari Puskesmas Rappokalling,” ucap Kartini.

Sementara itu, staf bagian Gizi Puskesmas Rappokalling, Erfina Rahmadi menjelaskan, kondisi Nur Zahrah memang tidak normal layaknya bayi seusianya walau proses kelahirannya cukup bulan dan normal.

Foto : Dok. Istimewa.

“Nur Zahrah itu lahir dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Walaupun begitu tetap mendapatkan pelayanan kesehatan seperti imunisasi vaksin hefatitis, hanya satu kali, selanjutnya tidak pernah lagi karena ibunya stres dan takut karena anaknya lahir dengan kondisi rendah, jadi intinya bukan gizi buruk,” tegas sapaan akrab Elfira Rahmadi, Fira.