Trik Merawat Ponsel Agar Awet

Memiliki ponsel memang hal lumrah karena mayoritas kegiatan dilakukan dari ponsel. Zaman digital ini, masyarakat lebih menyukai yang simple dan mudah dilakukan melalui ponsel. Alhasil, kinerja ponsel semakin berat karena digunakan terus menerus. Jika dibiarkan bisa memicu kerusakan, Anda bisa menerapkan trik berikut agar ponsel awet:

Selektif terhadap sistem atau software

Usahakan selektif pada sistem atau software pada smartphone karena aplikasi yang diinstal memberikan pengaruh besar. Saat Anda menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan membuat kinerja ponsel melambat, khususnya jika bermain game yang membutuhkan RAM besar.

Boleh saja mengunduh aplikasi yang diinginkan, namun selektif memilih aplikasi dengan RAM kecil atau sedang. Dengan begitu kinerja ponsel tidak lambat dan membuat ponsel hang.

– Bijak saat mencharger

Mencharger sering disepelekan pengguna ponsel karena tak memiliki masalah, padahal kelalaian saat mencharger memicu kerusakan ponsel. Bahkan mayoritas kerusakan ponsel disebabkan dari baterai, banyak pengguna ponsel mengganti baterai beberapa bulan sekali dan membuatnya kesal karena baterai cepat rusak.

Usahakan charger hp setelah daya baterai kisaran 10 sampai 15 %. Jangan mencharger di malam hari dan membiarkan ponsel tetap terisi daya hingga esok hari. Hal tersebut memicu kerusakan pada baterai maupun ponsel.

Kamera dan speaker

Walaupun jarang menggunakan kamera dan speaker namun tidak bijak merawatnya juga menjadi penyebab Hp rusak. Gunakan case yang aman dan nyaman sehingga kamera dan speaker terlindungi dari debu maupun benturan.

Selain itu, hindari membersihkan kamera menggunakan jari karena membuat lensa blur. Gunakan kapas, tisu maupun menggunakan kain microfiber saat membersihkan. Sementara speaker, jauhkan dari sumber air, benda logam, medan magnet yang bisa menempel pada smartphone karena memicu kerusakan speaker.