MAKASSAR – Dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakoorsus) Kota Makassar, Camat Makassar, Akbar Yusuf, mempersentasikan 3 Isu utama di hadapan Bapak Walikota dan Ibu Wakil Walikota Makassar di ballroom Hotel Fourpoint by sheraton, rabu (15/3/2022).

Baca juga : Camat Makassar Hadiri Pra Rakorsus, Makassar Menuju Kota Metaverse

Adapun 3 Isu utama beserta solusi yang diangkat :

1. Kenakalan remaja dan perkelahian kelompok yang masih sangat rawan terjadi di wilayah kami.

Adapun Solusi yang kami hadirkan adalah melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama serta unsur TNI POLRI dan melibatkan beberapa SKPD terkait lainnya.

“Dalam penyelesaian isu tersebut kami melibatakan pertama, Dinas tenaga kerja dengan program pelatihan-pelatihan soft skill sehingga dapat mengurangi intensitas mereka berkumpul untuk melakukan hal-hal negatif bisa berkurang kedua, Dinas Kominfo dengan menyediakan CCTV pada lokasi-lokasi yang rawan terjadinya perang kelompok dan terkoneksi dengan pihak keamanan di wilayah ketiga, Dinas perhubungan untuk memasang lampu-lampu lorong pada titik-titik rawan perkelhaian kelompok,” terangnya.

2. Penataan permukiman & lorong-lorong dengan mengusung konsep kawasan yang lebih produktif dan inovatif.

Akabar Yusuf mengatakan untuk Program Lorong Wisata, Lorong sehat serta pemberdayaan masyarakat, selain keterlibatan masyarakat, keterlibatan SKPD terkait menjadi pendukung suksesnya program ini.

“Seperti pelibatan Dinas Pariwisata dengan penataan lorong wisata dan mural dalam lorong. Dinas ketahanan pangan dengan pemberiaan bibit tanaman serta pendampingan kepada kelompok wanita tani yang ada di wilayah tersebut. Dinas Koperasi & UMKM dengan melakukan pendampingan kepada para UMKM yang berada di Lorong-lorong serta Dinas Peryanian & Perikanan dengan menghadirkan pendampingan oleh penyuluh pertanian serta pemberian bibit ikan untuk para kelompok-kelompok tani.

3. Kurangnya efesiensi pelayanan administrasi di kecamatan & kelurahan.

Terkait isu ini, solusinya kami menghadirkan Layanan publik yang lebih baik, sistem informasi menjadi konsep utama dalam bentuk Website yang lebih kompleks diantaranya layanan administrasi pengurusan administrasi berkas secara online di kelurahan hingga kecamatan.