“Sekolah yang mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan harus dilaksanakan dalam bentuk nyata, bukan sekadar ceramah di kelas,”sambungnya. Hasil KESRAKU akan diberikan kepada warga sebagai bentuk kepedulian sekolah guna membantu mengurangi beban ekonomi. “Selain objek belajar, inovasi ini bisa menjadi solusi mengatasi kemiskinan,” kata Suharto.

(2) PENJAGA JUMPA BERLIAN

Tak banyak yang tahu kalau “Jumpa Berlian” itu bukan arti yang sebenarnya yaitu melihat intan yang cahayanya berkilau sangat indah. Sesungguhnya “Jumpa Berlian” adalah akronim dari “Jumat Pagi Bersih Lingkungan” yang rutin dilakukan masyarakat Sukamaju Selatan. Nah, untuk menjaga eksistensi “Jumpa Berlian”, metode pengawasan harus dilakukan.

Berangkat dari situ, Camat Sultan, Anjas Rusli, merumuskan sebuah inovasi yang diberi nama “Penjaga Jumpa Berlian”. Inovasi ini sebagai kontrol terhadap masyarakat dalam pelaksanaan pola hidup bersih, indah dan sehat agar dapat terus berlanjut dan berkesinambungan. “Kita menempatkan satu aparat satu desa sebagai bentuk pengawasan,” kata Anjas.

Apa yang dilakukan dalam Jumpa Berlian ini? Adalah melakukan kegiatan bersih-bersih melalui gotong-royong di setiap sudut desa. “Ini penting kita lakukan karena masyarakat merasa diperhatikan oleh pemerintah kecamatan, dan yang paling penting mereka turut serta dalam membangun kebersihan dan keindahan lingkungan,” jelas inovator Anjas Rusli.

Apa keunikan dan kebaruan inovasi ini? “Penjaga Jumpa Berlian” dikontrol melalui pengawasan secara langsung dan dipublikasikan secara berkala melalui media daring. “Ada penilaian yang kita lakukan terkait dampak dari pelaksanaan Jumpa Berlian, sehingga masyarakat merasa senang dan bersemangat dalam membudayakan gotong-royong,” jelas Anjas.

Inovasi “Penjaga Jumpa Berlian” ini juga diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Camat Sukamaju Selatan Nomor 004 Tahun 2019 tentang Penunjukan Tim Setuju Melayani Desa se-Kecamatan Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara. Menariknya, dampak dari pelaksanaan “Jumpa Berlian” ini dilombakan setiap tahun dan pastinya ada penghargaan.