(3) KAMPUNG DONOR DARAH PENYELAMAT JIWA

Inovasi Kampung Donor Darah ini dilatarbelakangi tingginya kebutuhan darah setiap tahunnya, yang disebabkan oleh banyaknya jenis penyakit yang membutuhkan pelayanan darah. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Dinas Kesehatan Luwu Utara meluncurkun sebuah inovasi yang diberi nama “Kampung Donor Darah Penyelamat Jiwa”.

Inovasi ini bertujuan untuk menggalakkan donor darah sukarela dengan cara partisipatif dan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan sampai aksinya. “Pilot project pengembangan kampung donor darah telah dilakukan di Desa Girikusuma Kecamatan Malangke dan Alhamdulillah, berjalan sampai sekarang,” ungkap inovator Andi Thiar.

Inovasi ini sangat membantu pelayanan pemenuhan darah di rumah sakit. “Kita tidak ingin lagi kekurangan stok darah. Bahkan bila perlu, kita bisa mensuplay daerah di Sulsel,” harapnya. Tujuan lainnya membantu dalam pemenuhan ketersediaan darah yang aman, terjangkau dan berkualitas, serta menggalakkan donor darah sukarela di tengah-tengah masyarakat.

(4) GURUKU HEBAT DENGAN SMART MGMP

Guruku Hebat dengan Smart MGMP adalah sebuah inovasi yang dirancang untuk pengembangan keprofesian guru. Inovasi ini digagas sebagai salah satu solusi cermat dalam upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik. SMART adalah akronim dari Sharing Information, Modelling, Action, Reinforcement, and Think and Pairs.

Sharing information adalah tenaga pendidik berbagi informasi tentang peningkatan kompetensi pendidik, baik secara manual maupun menggunakan teknologi. Modelling di sini adalah tenaga pendidik yang diminta menjadi model bagi tenaga pendidik lainnya. Model dalam penyelesaian tugas dan fungsi dari seorang tenaga pendidik.

Action adalah tenaga pendidik melakukan kegiatan pengamatan saat Guru Model melakukan kegiatan pembelajaran. Sementara Reinforcement adalah penguatan diberikan dari sesama tenaga pendidik, guru inti, instruktur maupun pengawas dan narasumber. Terakhir, Think and Pairs, yaitu tenaga pendidik duduk bersama membahas masalah yang dihadapi.