JAKARTA – Anda mungkin pernah mendapati seorang teman yang mengalami kecemasan atau bahkan anda sendiri punya pengalaman cemas sehingga mengganggu kesehatan tubuh sendiri. Dalam keadaan seperti yang dialami oleh anda atau teman, terkadang seseorang butuh teman yang mengerti keadaannya. Namun, seperti apa cara membantu yang baik dan tepat agar merasa terbantu dari kecemasannya.

Baca Juga : 4 Makanan Populer yang Bisa Membunuh Anda

Dr. Witkin mengajukan enam cara yang dapat membantu teman atau anda sendiri untuk keluar dari kecemasan.

Berikut 6 cara tersebut.

1. Ulangi yang dia katakan

Cara ini mungkin membuat anda harus memberikan perhatian lebih terhadap teman yang menyampaikan sesuatu atau menceritakan tentang masalahnya. Namun, menurut Dr. Witkin, cara ini membantu anda dan teman untuk keluar dari masalah kecemasan yang dialami. Mengulangi apa yang dikatakan oleh teman agar merasa mendapat perhatian dari anda.

2. Bertanya tentang masalah

Ada baiknya anda menanyakan kepada teman tentang masalah dihadapi yang membuatnya cemas sehingga anda lebih mudah untuk menyelesaikan dan mampu membuatnya lebih tenang.

3. Bertanya tentang kebutuhan

Teman anda merasa cemas bahkan mungkin berlebihan sehingga tidak dapat memikirkan banyak hal selain masalahnya. Anda dapat menanyakan terkait suatu hal yang dibutuhkan agar cepat terselesaikan.

4. Jangan Menyentuh Privasi Seseorang

Mencoba memperbaiki masalah sangat memungkinkan teman anda berpikir tentang pribadimu yang berlebihan dan ingin tahu masalah privasinya. Hal ini hanya membuatnya tidak senang bahkan semakin cemas dengan kehadiranmu.

5. Tindak Lanjut

Setelah situasi dinetralkan, itu tidak berarti Anda harus pindah dan tidak pernah membicarakannya lagi. Alih-alih, beri tahu teman Anda bahwa Anda akan memeriksanya untuk memastikan mereka baik-baik saja (dan tidak apa-apa jika mereka ingin menghubungi lagi). “Mereka perlu tahu Anda ada di sana, terutama ketika mereka merasa seperti menjadi beban,” kata Dr. Witkin kepada kami.

6. Hindari Klise

Bahkan jika itu benar-benar persis seperti yang Anda rasakan, Dr. Witkin menekankan bahwa klise tidak terdengar tulus. Sederhana, “Saya ikut sedih mendengar yang Anda rasakan,” cenderung menjadi penghiburan bagi kebanyakan orang.