MAKASSAR – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah yang berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga : Ramadhan Segera Tiba, Kemenag Tetapkan Jadwal Sidang Isbat

Menag mengatakan pertemuannya tersebut mengenai pemberangkatan jemaah haji tahun ini di luar wilayah Arab Saudi

“Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi,” terangnya, Senin (21/3/2022).

Menag juga membahas jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah. Menag berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal dengan banyaknya jemaah haji yang menunggu dan merindukan ke Tanah Suci.

“Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal,” jelasnya

“Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan pihaknya juga terus melakukan persiapan. Hal ini dilakukan karena pemerintah Arab Saudi akan membuka kemungkinan bagi jemaah haji di luar Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Apalagi saat ini jemaah umrah dari berbagai negara juga sudah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Persolan kuota, menurutnya bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan kuota, membutuhkan keterlibatan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq F. Al-Rabiah juga menjelaskan, mengenai kuota tiap di negara kemungkinan mengalami perubahan.

“Lumlah kuota tidak akan sama dengan sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi siap menerima jemaah haji luar negeri tahun ini dan persiapan terus dilakukan,” ujarnya.

Kepastian kuota haji diharapkan oleh semua negara pengirim jemaah, tidak hanya Indonesia. Selain Menag Yaqut, sejumlah menteri agama dari negara lain juga bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan hal yang sama, yaitu kuota. Diantara adalah Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Kunjungan kerja Menag ke Arab Saudi juga ditujukan untuk menghadiri Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil-Hajj wal-‘Umrah. Diselenggarakan oleh Menteri Haji dan Umrah, Muktamar dan Pameran Internasional Haji dan Umrah yang digelar pada 21 Maret ini mempertemukan para menteri agama dari berbagai negara terutama yang mengirimkan jemaah haji.

Hadir Dubes RI di Saudi Abdul Aziz,  Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.