JAKARTA – Militer Rusia dikenal sebagai salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia, tetapi kekuatan itu belum terlihat dalam invasinya ke Ukraina.

Dilansir dari BBC News, para perwira militer senior dan pejabat-pejabat intelijen Barat menjelaskan mengenai kesalahan-kesalahan Rusia.

Berikut 3 kesalahan militer Rusia dalam Invasi ke Ukraina….

1. Asumsi yang salah

Rusia bisa dibilang meremehkan kekuatan Ukraina yang kapasitasnya lebih kecil.

Rusia memiliki anggaran pertahanan tahunan hingga lebih US$60 miliar (Rp869,5 triliun), sedangkan pengeluaran Ukraina pada bidang pertahanan hanya sekitar US$4 miliar (Rp57,4 miliar).

Sebagian besar analis militer berasumsi bahwa pasukan Rusia lebih mudah menguasai lewat udara, tapi ternyata tidak. Pertahanan udara Ukraina masih terbukti efektif, sehingga membatasi kemampuan Rusia untuk bermanuver.

Baca Juga : Serangan Rusia di Ukraina, Warga Muslim Berlindung di Masjid Mariupol

Moskow mungkin juga menganggap pasukan khususnya akan berperan penting serta membantu memberi pukulan yang cepat dan signifikan pada Ukraina.

Awal invasi, serangan helikopter Rusia di Bandara Hostomel yang berlokasi di sekitar ibu kota Kyiv—berhasil digagalkan, sehingga menghalangi Rusia untuk menambah pasukan militer beserta peralatan dan logistiknya.

Oleh sebab itu, Rusia harus menyalurkan mayoritas pasokannya melalui jalur darat. Hal ini menyebabkan kemacetan dan titik-titik kemacetan ini menjadi sasaran empuk bagi pasukan Ukraina untuk menyergap.

Beberapa kendaraan lapis baja telah keluar dari jalur, terjebak dalam lumpur, menegaskan gambaran mengenai pasukan yang telah “macet”.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan kepada BBC bahwa pasukan Rusia “telah kehilangan momentum”.

“Mereka terjebak dan bergerak lambat, tapi tentunya tetap memakan korban yang signifikan.”

2. Kehilangan dan kekuatan moral yang menurun

Tidak ada data pasti terkait skala kerugian Rusia maupun Ukraina. Ukraina mengklaim telah membunuh 14.000 tentara Rusia, meskipun AS memperkirakan mungkin hanya setengahnya.