MAKASSAR – Meraih IPK tinggi merupakan dambaan banyak mahasiswa. Jika Anda salah satunya, ada sejumlah tips yang dapat membantu Anda mencapainya.

Baca Juga : 7 Tuntutan HMI Cabang Makassar Unjuk Rasa di DPRD Sulsel

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai kumulatif akhir dari semua nilai yang diperoleh mahasiswa di perguruan tinggi dengan skala 0-4.  Dengan kata lain, IPK adalah jumlah nilai dari setiap semester akademik.

Ada banyak manfaat memiliki IPK tinggi.  Salah satunya adalah pengajuan beasiswa.

Hampir semua lembaga beasiswa menawarkan persyaratan IPK tertentu untuk peserta, biasanya 3,5. Tentu saja, ini aman jika Anda memiliki IPK tinggi atau melebihi ambang batas yang dipersyaratkan.

Selain itu, IPK yang tinggi dapat membantu mahasiswa mencari pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi. Bagaimanapun, mendapatkan IPK tinggi tidak ada salahnya.

Tips meraih IPK lebih tinggi

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ditjen Diktiristek memberikan sejumlah saran tentang cara meningkatkan IPK, khususnya pembelajaran online.

Dirjen Instagram Diktiristek, melaporkan pada Kamis (17/2/2022), bahwa tips berikut bisa membantu Anda meraih IPK lebih tinggi:

1. Kelas aktif

Aktivitas kemahasiswaan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan IPK. Meski perkuliahan sudah dilakukan secara online, Anda tetap harus proaktif dalam menyampaikan argumen Anda.

Dengan bersikap penuh perhatian dan proaktif di kelas, mahasiswa dapat dengan mudah memahami informasi dan umumnya mendapatkan perhatian dosen.

2. Baca buku dan jurnal

Pengetahuan yang luas diperlukan untuk mendapatkan IPK yang tinggi. Menurut Dirjen Dikti, membaca buku dan jurnal secara teratur dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa dan memberikan banyak dasar untuk menulis dan bernalar.