Ethiopia, Rakyat News – Berbagai kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Naasional dapat dilakukan oleh siapapun dan demi kepentingan berbeda. Kecurangan-kecurangan yang dapat terjadi seperti upaya untuk memperbaiki atau mengangkat nilai rapor untuk mendongkrak nilai akhir jika nilai UN anak didik jeblok. Di Indonesia, salah satu cara untuk mengurangi praktek kecurangan ialah dengan memasang CCTV di ruang ujian.

Berbeda dengan ethiopia, Akses internetnya dimatikan saat ujian nasional dikarenakan pada tahun lalu ujian nasional di Ethiopia bocor di dunia maya.

Dikutip detikINET dari BBC, pihak pemerintah ethiopia memutuskan memblokir akses internet, khususnya media sosial demi kelancaran ujian nasional.

Rakyat News
Ilustrasi Ujian Nasional

“Pemblokiran ini bertujuan untuk mencegah terulangnya kebocoran yang terjadi pada tahun lalu,” sebut Mohammed Seid dari Office for Government Communications Affairs.

Pemblokiran kabarnya dilakukan sekitar satu minggu yang tentu tidak disetujui semua pihak. Tapi pemerintah yakin keputusan mereka akan membantu siswa berhasil di ujian nasional.

“Kami hanya ingin agar para siswa dapat berkonsentrasi dan bebas dari gangguan,” papar Seid.

Seid menyatakan pemblokiran hanya berlaku untuk media sosial, tapi berbagai pihak di Ethiopia memastikan internet diblokir sepenuhnya. Termasuk internet mobile.

Beberapa pengecualian adalah layanan vital seperti online banking dan pemesanan pesawat terbang. Internet di kedutaan juga berjalan dengan normal.