MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa Riset Keilmuan dan Kemitraan Masyarakat (UKM RITMA) UIN Alauddin meriahkan satu dekade lembaga dengan tema, Satu Dekade UKM RITMA: Meneguhkan Misi Intelektual dan Persaudaraan; Menuju Lembaga yang Profesional, di Baruga Anging Mamiri, Makassar.

Baca juga: KSR-PMI UINAM Kolaborasi HIPERMAWA UINAM Gelar Kegiatan Donor Darah

Puncak kegiatan milad UKM RITMA ini dilaksanakan pada 12 April 2022 dengan rangkaian kegiatan sharing session dan buka bersama serta pemotongan tumpeng yang diwakili oleh ketua umum periode saat ini dan periode-periode sebelumnya serta dewan kehormatan senior.

Salah satu founder Al-Kindi atau dewan kehormatan senior UKM RITMA, M. Fadlan L. Nasurung menilai, kegiatan peringatan one dekade ini dapat menguatkan eksistensi lembaga yang berpengaruh pada kader.

“Peringatan satu dekade ini menjadi tonggak sejarah supaya UKM RITMA semakin memperteguh eksistensinya sebagai lembaga yang mencetak kader-kader yang berintelektual dan bisa berkontribusi lebih besar di kampus peradaban UIN Alauddin Makassar dalam kaitannya dengan kapasitas keilmuan dan akademik di UIN Alauddin Makassar,” ujarnya, Selasa (12/4/2022).

Bukan hanya itu, ia melanjutkan, patut untuk kegiatan milad ini rutin dilaksanakan utamanya sebagai ajang silaturahim.

“Kegiatan seperti ini seharusnya tiap tahun rutin diadakan untuk memperingati milad sekaligus sebagai ajang silaturahim lintas generasi,” tambahnya.

Adapun demisioner ketua umum tahun 2020, Muh. Ridwan mengatakan momentum ini menghadirkan semangat dan kebahagiaan sekalipun ia menyayangkan masih banyak dari keluarga UKM RITMA yang belum bisa hadir.

“Suasana malam ini penuh dengan kekeluargaan meskipun harapannya banyak yang hadir. Namun, karena waktu yang belum bersahabat, jadi di momen ini masih banyak dari pendiri-pendiri UKM RITMA yang belum sempat hadir. Tapi itu tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan di momentum ini,” tuturnya.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UINAM Gelar Seminar di Luwu

Terlepas dari itu, kegiatan ini tentu menjadi momen keakraban para pengurus dan dewan senior yang dapat menguatkan kembali ikatan kekeluargaan sekaligus mencerminkan bentuk kesuksesan sebuah organisasi dalam membangun chemistry antar anggotanya. Hal itu selaras dengan yang disampaikan Ketua Umum UKM RITMA, Yusrijal.