BONE— Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 110 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Regional Bone. Hal tersebut merupakan komitmen Pemprov Sulsel untuk menjadikan Kabupaten Bone lebih berjaya lagi ke depannya.

“Ini merupakan wujud syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat, disertai harapan agar Bone kedepan lebih berjaya,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, saat menghadiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bone ke-692, yang dilaksanakan di Gedung DPRD Bone, Rabu, 6 April 2022.

Abdul Hayat mengaku sangat mengapresiasi peringatan Hari Jadi Bone yang mengangkat tema Jayalah Bone, guna mendukung pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih berkualitas.

“Diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur yang memiliki peran besar dalam memacu dan membantu pemulihan ekonomi masyarakat. Semoga semuanya bisa berjalan lancar, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat Bone,” harapnya.

Menurut Abdul Hayat, sejak tahun 2018 hingga 2021, jumlah bantuan keuangan yang telah Pemprov Sulsel turunkan di Kabupaten Bone sebesar Rp 237 miliar. Bantuan tersebut untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi, serta penurunan angka stunting.

Khusus tahun 2021 lalu, bantuan keuangan Pemprov Sulsel meliputi, pembangunan jalan ruas Taccipi – Tokaseng, jalan ruas Sampie Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe, jalan ruas Bontomasunggu – Batas Pangkep Kecamatan Tellu Limpoe (Parigi – Bungoro), bypass Sumpanglabbu – Lilina – Ajangale, pembangunan jalan akses menuju Bandara Arung Palakka, serta pencegahan stunting dan gizi buruk. Totalnya mencapai Rp 54 miliar lebih.

Eks Direktur Kementerian Sosial Bidang Penanggulangan Kemiskinan itu menjelaskan, di tahun 2021 lalu, Pemprov telah melakukan penuntasan jalan yang kondisinya rusak berat. Yakni ruas Waempubbu-Pompanua yang menjadi jalur alternatif Kabupaten Bone dan Kabupaten Wajo dengan nilai Rp 7,3 miliar, dan kini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.