Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 23%, Jawa Timur 24%, dan Jawa Barat 20%. Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rata-rata trafik data naik sebesar 21%, Sumatera Bagian Selatan 17%, Kalimantan 17%, Sulawesi 14%, Bali-Lombok-Sumbawa 19%. Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kab. Sampang naik sebesar 41%, Kab. Bangkalan naik sebesar 39%, Kab. Lombok Tengah naik sebesar 35%, Kab. Brebes naik sebesar 33%, dan Kab. Purwakarta naik sebesar 25%.

Sementara itu trafik data khusus di seluruh Sulawesi naik 17%. Lima besar trafik data tertinggi di Sulawesi terjadi di Kab. Pinrang, sebesar 20%, di Kota Kendari sebesar 18%, di Kab. Bone, sebesar 17%, di Kab. Gowa sebesar 11%, dan di Kota Makasar, sebesar 8%.

“Meskipun tidak sebesar di Jawa, data monitoring XL Axiata juga mencatat terjadinya perpindahan pelanggan dari kota-kota besar wilayah Sulawesi juga cukup dinamis. Perpindahan yang cukup terlihat antara lain dari Makassar dan sekitarnya, Kendari, Palu, Palopo, Gowa. Sementara itu, kota yang menjadi tujuan perpindahan adalah Kab. Bulukumba, Kab.Jeneponto,Kab Muna, Kota Tomohon & Kab.Bone,” imbuh Gede.

Trafik XL Home/XL SATU Fiber

Data menarik seputar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran juga terjadi pada layanan kovergensi XL Home/XL SATU Fiber, di mana secara nasional terjadi penurunan trafik sebesar 4% dibandingkan hari biasa atau naik sebesar 20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meskipun Lebaran tahun ini banyak keluarga melakukan perjalanan mudik, sebagai layanan internet rumah yang memang ditujukan untuk segmen keluarga, akses ke wifi yang berbasis layanan tetap internet ini tetap ikut mengalami peningkatan. Apalagi, sebagai layanan konvergensi, pelanggan juga tetap bisa mengaksesnya secara mobile saat tidak berada di rumah. Di Sulawesi, layanan XL Home/XL Satu Fiber tersedia di Kota Makasar.