LUTIM – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman lakukan penerbangan ke Kota Makassar melalui Bandar Udara Sorowako, Kabupaten Luwu Timur setelah PT. Vale Indonesia Tbk resmi menyerahkan Bandar Udara Sorowako dan pengelolaan kebandarudaraan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (15/5/2022).

 

Baca Juga : Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan, Bupati Lutim: Terimakasih PT Vale

Penerbangan tersebut menjadi penerbangan pertama setelah penyerahan dan ada tiga hal yang diserahkan PT Vale, yakni lahan seluas 25,4 hektar (ha), barang bergerak berupa aset-aset yang berfungsi sebagai  sarana dan prasana yang mendukung pengoperasian bandara sorowako, serta pengelolaan jasa kebandarudaraan atas Bandar Udara Sorowako di Luwu Timur.

Gubernur Sulsel tersebut mengatakan, ia melakukan perjalanan menuju Kota Makassar melalui Bandara Sorowako dan ia juga menegaskan bahwa bandara tersebut telah berubah menjadi bandara umum yang sebelumnya menjadi lokasi penerbangan privat.

“Alhamdulillah, hari ini kami melakukan perjalanan ke Makassar melalui Bandar Udara Sorowako. Ini juga sebagai penegasan bahwa, Bandara Sorowako yang sebelumnya kita tahu sebagai penerbangan privat, sekarang menjadi bandara umum dan komersil,” katanya.

Lanjutnya, ia menganggap Bandara Sorowako menjadi kado dan kabar baik bagi Luwu Timur setelah menunggu selama bertahun-tahun dan resmi menjadi milik Pemprov Sulsel.

“Alhamdulillah, ini menjadi kado dan kabar baik untuk Luwu Timur. Setelah perjuangan bertahun-tahun, Bandara Sorowako resmi milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, tak lupa ia mengungkapkan terima kasih dan apresiasi PT. Vale  Indonesia Tbk atas dedikasi dan kontribusinya untuk masyarakat Sulawesi Selatan dan berharap hal itu akan menjadi komitmen untuk membantu pengembangan daerah Luwu Timur dan Sulawesi Selatan.

“PT. Vale sebagai perusahaan Multinasional Nasional hari menunjukkan niat baik untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Sulsel dan Luwu Raya pada khususnya. Mudah-mudahan komitmen ini akan terus berlanjut khususnya komitmen untuk membantu kemajuan daerah Luwu Timur dan Sulsel,” ungkapnya.