JAKARTA – Jusuf Kalla merayakan ulang tahun ke-80, di The Opus Grand Ballroom The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga : Tim Ahli Walkot Gelar Monev di Dinas PU Makassar, Berikut Arahannya

JK lahir di Kabupaten Bone, 15 Mei tahun 1942 lalu. Dalam sambutannya Wakil Presiden ke-10 dan 12 ini mengatakan, memiliki tujuan hidup yang sederhan, namun sulit untuk diwujudkan.

“Tujuan hidup itu bermanfaat untuk agama, bangsa dan kekuarga. Sederhana, tapi  sulit diwujudkan,” katanya

Selain itu, kata JK, hidupnya selama ini sistemastis, sebagai contoh perjalanannya dari kabupaten ke kota provinsi dan dari provinsi ke ibu Kota. Muai dari pengusaha hingga pejabat pemerintahan.

“Hidup saya sistematis, mulai dari saya lahir di Bone, lalu besar dan bekerja di Kota Makassar ibu Kota Propinsi. Begitu pula dalam karir di bisnis. Saya bekerja di perusahaan mulai dari manajer, direktur hingga direktur utama. Semuanya sistematis, di Pemerintahan saya dari DPR, Menteri, Menko lalu Wakil Presiden hingga mencalonkan diri jadi Presiden, fase hidup saya seperti itu, dari bisnis ke pemerintahan, hidup saya bertahap dan semoga bermanfaat,” terangnya.

JK adalah anak kedua dari 12 bersaudara. JK menikah dengan Mufidah, yang kemudian dikaruniai seorang putra dan empat putri.

Jusuf Kalla sudah dua kali menjabat Wakil Presiden. Dari 2004-2009, JK mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono pada periode pertamanya sebagai presiden. Pada 2014-2019, JK kembali ke istana bersama Presiden Joko Widodo.

Selain dihadiri anak, cucu dan kerabat JK. Perayaan HUT JK juga dihadiri oleh Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Sofyan Djalil, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, beberapa mantan menteri kabinet kerja era Jokowi-JK.

Selaian itu, hadir pula sahabat JK yaitu Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, Chairul Tanjung, dan Hidayat Nurwahid.