BULUKUMBA- Kolaborasi Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dalam menggelar kegiatan pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BSTKLM) kepada 91 nelayan Bulukumba dan Bantaeng, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Diduga Ilegal, Pemkab Bulukumba Tanggapi Pengukuhan Pengurus Masjid ICDT

Kegiatan pelatihan berlangsung, 30 Mei hingga 4 Juni 2022 mendatang, di Hotel Arini 2, jalan Lanto Dg Pasewang Bulukumba.

Sekretaris Dinas Perhubungan, Idham Khalid Dg Patunru mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya ini untuk
memberikan bekal ilmu, meningkatkan kompetensi dan keterampilan di bidang kelautan serta meningkatkan taraf hidup nelayan dan lebih khususnya untuk keselamatan mereka saat melaut.

“Diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta diklat, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim Dunia,” jelas Idham.

Idham mengaku, banyak kejadian nelayan tenggelam, hilang di laut karena tidak memiliki pengetahuan dasar keselamatan.

Sehingga kedepannya, dengan bekal ilmu yang didapatkan selama pelatihan, bisa meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi atau saat menangkap ikan di laut.

“Mereka akan dilatih berenang, memadamkan api dan sebagainya, serta dasar-dasar keselamatan,” katanya.

Panitia Kegiatan BSTKLM, Fathul Ikhsan mengatakan kegiatan ini gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Seusai kegiatan, peserta diklat akan menerima sertifikat sebagai tanda mereka lolos menjadi peserta.

“Sertifikat itu sebagai tanda mereka telah cakap dalam penyelamatan dan menguasai tehnik pertahanan diri di laut,” katanya.

Diketahui Dinas Perhubungan Bulukumba saat ini aktif membangun jaringan dan kerja sama dengan instansi lain yang terkait, baik itu untuk urusan bidang perhubungan darat, maupun perhubungan laut.