JAKARTA – Modal seringkali menjadi sebuah hambatan bagi kita untuk memulai yang namanya bisnis karena semua orang tidak dapat begitu cepat memiliki modal usaha.

 

Baca Juga : DPR RI: Melalui Sektor Pertanian, Kementan Sukses Tingkatkan Ekonomi Nasional

 

Selain daripada ide untuk membuka usaha, modal juga diperlukan agar dapat memulai apa yang sudah kita rencanakan untuk berbisnis.

Budi Rahardjo yang merupakan seorang Perencana Keuangan OneShildt Consulting mengungkapkan bahwa dalam membangun sebuah usaha memang diperlukan adanya modal untuk penuhi berbagai kebutuhan.

Berikut 5 sumber untuk mendapatkan modal usaha:

1. Modal pribadi

Bukan hanya tabungan, Budi menjelaskan bahwa modal pribadi ini juga dapat berbentuk peralatan yang telah dimiliki. Menurutnya, penggunaan modal seperti ini merupakan yang paling aman karena tidak terikat dengan tanggung jawab pihak lain.

“Cara ini adalah yang paling aman karena jika terjadi risiko kegagalan tidak ada kewajiban moral dan material kepada pihak lain,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Oleh sebab itu, kita perlu menyiapkan dana tabungan sebelum memulai usaha. Modal pribadi juga bisa berupa aset investasi.

2. Modal dari keluarga atau kerabat
Jika dana pribadi tidak mencukupi, Anda bisa menggunakan dana bantuan dari keluarga atau kerabat.

Selain murah karena tanpa bunga, prosesnya pun cenderung mudah. Tinggal kesepakatan saja dengan keluarga apakah dana itu akan terus berada dalam usaha dan menjadi bagian dari kepemilikan usaha atau akan dikembalikan.

3. Penyertaan modal dari pihak lain
Budi menuturkan modal usaha dari pihak lain ini bisa berupa modal tetap yang menjadi saham-saham, ataupun hanya dana sementara untuk modal usaha yang dikembalikan berikut dengan sebagian hasil keuntungan sesuai kesepakatan.