MAKASSAR – Di wilayah Indonesia Anda bisa melihat fenomena strawberry supermoon atau purnama stroberi. Kapan itu muncul?  Sejumlah kota di Indonesia bisa menyaksikan fenomena strawberry supermoon mulai malam ini (14/06/2022) pukul 18:51 WIB.

Baca Juga : Mobil Listrik Murah Wuling EV Sudah Bisa Dipesan, Catat Tanggal Pengirimannya

Bagi Anda yang mungkin tidak memiliki kesibukan, sepertinya Anda bisa menjadwalkan untuk melihat fenomena purnama stroberi super.

Meski memiliki nama yang terkait dengan stroberi, namun bukan berarti nama stroberi supermon atau stroberi penuh menunjukkan warna kemerahan dan sedikit runcing di ujungnya seperti stroberi.

Kutipan dari halaman resmi Edukasi Sains Antariksa (LAPAN/BRIN), nama ini dibuat karena di The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika), stroberi dipanen pada bulan Juni.

Nama ini dimaksudkan semata-mata untuk menandai musim tertentu bagi orang Amerika.

Selain itu, yang membedakan fenomena menarik ini adalah bertepata dengan bulan purnama super (Full Supermoon Atau secara teknis disebut Perigeal Full Moon/ Purnama Perige).

Bahkan, fenomena serupa lainnya, yaitu Bulan Baru Mikro, akan berdampingan dengan dua bulan purnama super yang terjadi setiap dua bulan secara berturut-turut (Juni-Juli).

Fenomena ini terakhir terjadi pada tahun 2004 dan 2013, sehingga bisa dikatakan cukup langka karena terjadi setiap 9 tahun sekali.

Lantas, apakah fenomena strawberry supermoon bisa dilihat di wilayah Indonesia?

Kabar baiknya, Andi Pangerang dari BRIN telah membagikan informasi menarik tentang kapan waktu yang tepat untuk melihat fenomena langka strawberry supermoon.

Sebagian besar wilayah Indonesia dapat melihat fenomena bulan super strawberry atau bulan purnama super strawberry di:

  • Selasa, 14 Juni 2022 pukul 18.51 WIB / 19.51 WITA / 20.51 WIT (jarak 357.368).
Baca Juga : Polemik THL RS Batara Siang: Honor THL Dibayarkan Pekan ini