LIFESTYLE – Penuaan memang tidak bisa dihindari tetapi bisa dicegah jika kita merawat kulit kita dengan baik. Seringkali, tanda-tanda penuaan dini dapat terjadi pada kulit akibat mengabaikan kondisi kulit seseorang.  Tanda-tanda umum penuaan dini lainnya yang muncul di wajah seseorang adalah munculnya garis-garis halus, bintik hitam pada kulit, dan kulit mengendur.

Baca Juga : Aliyah Mustika Ilham Beberkan Cara Mudah Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan

Untuk mengatasi penuaan dini sebenarnya bisa dilakukan perawatan kulit di klinik kecantikan, namun jika tidak yakin, bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami. Berikut cara mengatasi gejala penuaan dini menggunakan bahan alami!

1. Masker Putih Telur

Putih telur dengan omega-3, zinc dan asam lemak yang dikenal sebagai formula dapat menyembuhkan kulit dan mencegah radikal bebas juga berkontribusi terhadap timbulnya penuaan dini.

Anda dapat mencampur putih telur dengan susu dan jus lemon untuk membuat masker kulit. Oleskan masker telur putih ini selama 15 menit dan ulangi setiap tiga hari untuk hasil terbaik.

2. Masker Pisang

Dikutip dalam Helathline, Pisang mengandung vitamin A dan E yang dapat mencegah munculnya penuaan dini dan memberikan kelembapan pada kulit.  Dengan kandungan kedua vitamin tersebut, pisang juga bisa mencerahkan kulit jika digunakan secara rutin sebagai masker.

Handurkan pisang dan campur dengan air mawar sebagai masker wajah. Oleskan masker alami ini selama 10-15 menit dan pastikan untuk mengaplikasikannya dua kali seminggu.

3. Masker Madu

Madu merupakan salah satu bahan yang dapat membuat kulit menjadi halus, lembut bahkan dapat menangkal radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan dini. Madu juga dianggap sebagai pelembab alami.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker langsung, jangan lupa pijat wajah dan leher sambil menggunakan masker madu selama 1-3 menit untuk membantu melancarkan peredaran darah di area tersebut. Setelah itu Anda bisa membasuhnya dengan air, lakukan ritual ini setiap dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.