JAKARTA – Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri memberikan instruksi kepada seluruh kader partainya kibarkan bendera PDIP setengah tiang untuk berikan penghormatan terbaik atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Baca Juga : Golden Tiket PDIP untuk Pemilu 2024

Hasto menilai bahwa Tjahjo merupakan salah satu kader terbaik milik partai PDI Perjuangan, almarhum merupakan sosok penyabar, penuh semangat persahabatan dan kepemimpinannya menyejukkan.

 

Hasto mengatakan Megawati dan seluruh keluarga besar PDIP turut mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Tjahjo.

 

“Beliau salah satu kader terbaik Partai. Mas Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Lanjut Hasto, Tjahjo merupakan sosok legendaris, karena menjadi anggota DPR selama enam periode; menjadi Sekjen PDIP pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN-RB.

 

“Almarhum juga sosok yang setia mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri. Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan,” katanya.

 

Lebih lanjut, Hasto pastikan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik untuk Tjahjo karena menurutnya, PDIP akan memberikan penghormatan dengan protokol Partai.

 

“Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan,” ujarnya.

 

Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Tjahjo sempat dirawat karena komplikasi penyakit selama dua minggu terakhir.