JAKARTA – Seekor sapi jenis simmental dengan berat 1 ton diserahkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Masjid Istiqlal Jakarta dan sejumlah hewan kurban lainnya yang tersebar pada 34 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setwapres, Purwono Prihantoro menyebut hewan kurban Wapres tersebut telah diserahkan dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal, Laksma TNI (Purn) Asep Saipudin pada Sabtu (9/7).

“Sapi tersebut diperoleh dari peternakan di Bogor, Jawa Barat untuk diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lanjut Purwono, selain di Masjid Istiqlal,Ma’ruf juga melakukan kurban di sejumlah masjid yang terletak di wilayah Jabodetabek dengan total sebanyak 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Beberapa di antaranya merupakan Masjid Sunda Kelapa, Majelis Ulama Indonesia, PBNU, dan PP Muhammadiyah. Adapun berat sapi kurban Wapres berkisar antara 780 kilogram hingga 1 ton dengan jenis bervariasi seperti Limousine dan Simmental.

Ia memastikan, seluruh hewan kurban tersebut telah diperiksa oleh Dinas Peternakan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat dan dinyatakan sehat, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

Purwono mengatakan Ma’ruf Amin menyebut kegiatan berkurban mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu juga sebagai wujud kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini,” jelas Ma’ruf.

Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Jakarta, Abu Hurairah mengatakan Masjid Istiqlal tidak akan langsung melakukan pemotongan hewan kurban.

“Kami menyembelih hewan kurban pada Senin (11/7) pagi,” kata Abu Hurairah.