MAKASSAR – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka kegiatan Strategi Koordinasi Lintas Sektor pencegahan dan penanganan korban kekerasan Serta Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pada Senin (18/07/2022).

Baca Juga : Cegah Risiko Penyakit Kronis, BPJS Kesehatan Ajak Peserta Lakukan Skrining Kesehatan

Kepala DP3AP2KB Luwu Utara, Andi Zulkarnain, berharap melalui pertemuan ini dapat memperkuat jaringan antar sektor untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, di kabupaten Luwu Utara.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan bahwa perlindungan terhadap perempuan dan anak korban kekerasaan didasarkan pada penghormatan hak asasi manusia, karena perempuan dan anak memiliki untuk mendapatkan hak asasinya sebagai manusia.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan juga menyampaikan bahwa pemangku kepentingan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan dilakukan oleh pemerintah, lembaga atau organisasi, lembaga pendidikan, tokoh agama dan masyrakat.

“Harapan kita ini semua mengambil porsi yang proposional,” harapnya.

Bupati dua Periode Luwu Utara ini juga menambahkan bahwa yang perlu dilakukan dalam penanganan lintas sektor adalah penguatan fungsi koordinasi dengan jejaring sesuai kebutuhan korban, assesment, pendampingan dan mediasi korban serta memberikan pelayanan secara terpadu bagi perempuan dan anak korban kekerasan dalam rangka pemenuhan hak korban atas kebenaran, keadilan, pemulihan dan perlindungan.

Tidak hanya itu, Bupati Lutra, Indah putri Indriani yang menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut juga menyampikan upaya yang perlu dilakukan adalah melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, melakukan penyebaran informasi melalui sosial media, mengembangkan mekanisme pelayanan terpadu dan sistem rujukan,membentuk perlindungan anak terpadu berbasis masyrakat ( PATBM) dan pengembangan Layanan PUSPAGA sampai ketingkat Desa/Kelurahan.

Di akhir Sambutannya Bupati luwu Utara Indah putri Indriani menyampaikan kalau perempuan dan anak terjaga insyaAllah Luwu Utara akan terjaga dan Indonesia juga terjaga

“Kita berharap dari waktu ke waktu angkanya dapat kita tekan, Kasusnya juga dapat kita tekan tetapi kualitas layanannya dapat kita tingkatkan,” tutupnya.