RAKYAT.NEWS, Makassar – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Kota Makassar merilis peringatan dini cuaca Sulawesi Selatan 12 hingga 16 Februari 2023. Monitoring dinamika atmosfer terkini menunjukan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulsel.

Menurut BMKG terdapat sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan yang berpotensi peningkatan curah hujan karena adanya tekanan rendah di Australia bagian Utara yang menginduksi peningkatan kecepatan angin dan membentuk daerah konvergensi.

Wilayah Sulawesi Selatan yang diperkirakan mengalami hujan deras dengan intensitas lebat – sangat lebat akan terjadi di Kabupaten Pinrang, Pare-pare, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Takalar, Sidrap, Soppeng, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Bone, Sinjai.

Selain hujan lebat, Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan juga berpotensi angin kencang. “Diharapkan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan,” tuli BMKG Wilayah IV Makassar dalam keterangan resminya.

Dampak tersebut diantaranya, genangan hingga banjir, tanah longsor, angina kencang, pohon tumbang dan keterlambatan jadwal penerbangan dan pelayaran, “Masyarakat diharapkan selalu mengikuti informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik,” imbau BMKG.

Penulis: M Aswar