RAKYAT.NEWS – Menu khas Bugis Makassar yang berbahan dasar daging sapi itu tidak sedikit. Hanya saja, ada empat yang paling populer dan siapapun bakal merasa tidak afdhal jika tak mencicipinya saat menginjakkan kaki di daerah asalnya khususnya di Kota Makassar.

Ke empat jenis menu itu adalah Coto Makassar, Pallubasa, Sop Konro dan Sop Saudara. Aroma empat jenis olahan ini sangat menggoda, kuat dan tajam yang berasal dari pemanfaatan berbagai rempah esktra maksimal. Antara lain merica, ketumbar, jahe, kemiri, lengkuas, sereh, daun salam, tidak lupa pasangan abadi bawang putih dan bawang merah dan beberapa bumbu lainnya.

Dagingnya yang lembut dan bumbu meresap ke tiap serat daging, lalu kuahnya yang gurih dan aromanya yang tajam seperti menghalau dan mengarahkan kaki untuk segera menyambangi warung-warung penyedia.

Bakal seru menikmatinya dalam kondisi masih hangat atau bahkan panas. Diberi perasan air jeruk, kecap dan bagi foodies pejuang pedas, silahkan tambah sambal sesuai selera.

Bikin ngiler bukan? Tapi ada yang takut konsumsi daging karena tidak ingin kolesterol meningkat dan ancaman penyakit lainnya. Benar adanya, tapi jika konsumsi daging itu tidak selalu mengundang bahaya karena ternyata juga dibutuhkan untuk mendapatkan asupan lemak. Orang yang kekurangan lemak itu juga berefek kurang baik. Antara lain sering kelelahan, rambut rontok, gampang sakit, kulit kering dll.

Lalu jalan keluarnya? Konsumsilah daging tidak berlebihan. Sesekali saja, misalnya masak-masak bersama atau bisa juga bersama keluarga ramai-ramai menyambangi warung terdekat yang menyiapkan menu ini. Kulineran bersama, berbagi rasa, berbagi kehangatan.

Di Kota Makassar, di mana saja tersedia menu ini?  Waow…terserak di banyak titik, hanya saja ada warung-warung favorit incaran penjuang menu serba daging khas Bugis Makassar. Harganya? Masih ramah di kantong. Kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu semangkuk. Berikut petunjuknya:

  1. Untuk menu Coto Makassar ada di warung Coto Nusantara terletak di jl Nusantara No 32, Makassar di jl Merpati Ruko 2 dan 3 belakang Bank Sulsel. Juga ada Coto Paraikatte di jl AP Pettarani No 125 dan Coto Gagak di jl Gagak No 27.
  2. Untuk menu Pallubasa, silahkan kunjungi warung Pallubasa Onta di jl Onta Lama No 109. Ada juga Pallubasa Serigala di jl Serigala XIV.
  3. Adapun untuk menu Sop Saudara, paling favorit di warung Sop Saudara Irian terletak di jl Dr. Wahidin Sudiro Husodo No 40.
  4. Dan Menu Sop Konro, bisa kunjungi warung Konro Karebosi di jl Gunung Lompobattang No 41-43 dan Sop Konro Bawakaraeng di Gunung Bawakaraeng. (Dari berbagai sumber)

***