RAKYAT.NEWS –   Terdapat beberapa tanaman herbal yang diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Maka itu alangkah baiknya jika menanam sendiri tanaman obat di halaman rumah bila sewaktu-waktu diperlukan. Apatah lagi, saat ini cuaca lagi tidak menentu, tubuh rawan dihinggapi penyakit

Kalaupun tidak bisa diadakan di pekarangan, paling tidak selalu hadir di antara deretan rempah di dapur kesayangan Anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang alangkah baiknya jika ada di pekarangan rumah seperti dilansir halodoc.com:

1.Serai

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa serai memiliki manfaat terapeutik yang ampuh meredakan

stres. Selain itu, sifat antipiretiknya juga dapat membantu mengurangi demam tinggi, serta mencegah infeksi tenggorokan.

Menariknya lagi, serai juga dapat digunakan untuk semua jenis nyeri. Contohnya seperti sakit perut, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kram saluran pencernaan, kram otot, dan sakit perut. Kamu dapat mencampur tanaman ini ke dalam teh, sup, salad, atau makanan lain yang kamu inginkan.

2.Bawang Putih

Tanaman satu ini tentu sudah akrab dikenal semua kalangan. Tidak hanya dapat melezatkan masakan, tanaman ini juga ternyata ampuh untuk merawat kesehatan. Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih pun diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker, sehingga kanker akan gagal terbentuk.

Bawang putih pun memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan. Contohnya seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol, mencegah jerawat, mengobati sakit gigi, meningkatkan imunitas, mengobati flu, bahkan menambahkan gairah seksual pria.

3.Jahe

Tidak hanya sebagai pelengkap minuman dan bumbu masakan, tanaman ini adalah obat alami untuk mengatasi batuk dan rematik. Jahe pun termasuk tanaman obat kaya manfaat kesehatan, seperti memperlancar peredaran darah, mengatasi perut kembung, mengobati migrain, mengatasi perut buncit, serta menurunkan tekanan darah.