RAKYAT NEWS, Gowa – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulsel mengadakan pelatihan sumber daya manusia dengan tema peningkatkan kapasitas petugas dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran. (17/3)

Kegiatan yang diadakan di Aula Rudenim Makassar ini dihadiri oleh seluruh pegawai beserta PPNPN Rudenim Makassar. Kegiatan ini mengundang Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa.

Dinas Damkar Kabupaten Gowa diwakili oleh Syamsul Bahri yang merupakan Kepala Bidangn Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran dan ditemani oleh tim yang terdiri dari lima petugas. Kegiatan pertama adalah sosialisasi yang akan dilanjut dengan praktek lapangan.

“Sulitnya pengendalian kebakaran mayoritas disebabkan oleh ketidaktahuan dan ketidakmampuan untuk mengontrol. Oleh karena itu, tugas kita semua untuk belajar bersama untuk pencegahan hal-hal yang tidak di inginkan.” Ujar Syamsul Bahri dalam sosialisasinya.

Setelahnya, Seluruh petugas rudenim Makassar melaksanakan praktek langsung penanggulangan kebakaran dengan petugas Damkar Kabupaten Gowa. Termasuk penanggulangan kompor gas bocor, Memadamkan api dengan kain basah dan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tentang penanggulangan bencana, khususnya kebakaran.

“Saya harap dengan kegiatan ini seluruh pegawai di Rudenim Makassar setidaknya telah paham dengan penanggulangan bencana, khususnya kebakaran. Termasuk cara mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam lingkup kantor Rudenim Makassar.” Ujar Alimuddin.