RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Seorang warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengatakan, konter handphone (HP) miliknya dibobol maling. Perbuatan pelaku tertangkap oleh keponakan korban kemudian pura-pura meminta air minum. Pencurian tersebut terjadi di Jalan Monumen Emmy Saelan Tiga, Kecamatan Rappocini, Senin (3/4/2023).

Baca Juga : Bantu Ekonomi Keluarga, Kemenkominfo Minta Masyarakat Manfaatkan Teknologi Digital

Korban, Ilham mengatakan keponakannya tersebut sempat memberikan air minum kepada pelaku.

“Sempat ini keponakan kasih air minum (pelaku), sempat baku lihat panik dia sempat baku lihat, (lalu) dia minta air minum,” terangnya, Senin (3/4/2022), dilansir detikSulsel.

Awalnya, korban menutup konter HP miliknya karena hendak shalat tarawih di masjid.

“Saya pulang, sudah terbuka pintu. Saya bilang, kenapa ini, saya kira tidak ada hilang. Ternyata saya cek ada hilang tas berisi Rp 5 juta kalau di sini (kotak bawah meja) Rp 2 jutaan. (Jadi total kerugian) kurang lebih Rp 7 juta,” paparnya.

Ilham mengatakan, pelaku masuk melalui pintu depan konter. Pelaku mencongkel pintu hingga terbuka.

“Di situ dia congkel masuk. Di sini (lewat pintu depan juga) dia keluar,” sebut Ilham.

Aksi pelaku kepergok keponakan korban. Menurut Ilham, pelaku yang terekam CCTV sedang mengenakan helm itu panik lalu berpura-pura meminta air minum.

“Dikasihkan (air minum), (keponakan) masuk dia, baru dia mengambil barang,” jelasnya.

Ilham menduga aksi pencurian ini dilakukan dua orang. Pelaku beraksi bersama rekannya yang sudah menunggu di luar konter.

“Dua orang kayaknya di sini ada dua orang, satu melihat ke dalam satu bermasker,” tutur Ilham.

Kejadian pencurian ini pun dilaporkan ke Polsek Rappocini. Polisi juga masih melakukan penyelidikan untuk mengejar pelaku.