RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Mabes TNI mengomentari kehadiran perwira TNI aktif yang juga ajudan calon presiden nomor urut 2, Mayor Teddy, saat debat perdana capres yang digelar KPU. Dalam rangkaian video dan foto yang beredar, Mayor Teddy terlihat duduk sebarisan dengan pendukung Prabowo Subianto. Ia tampak mengenakan pakaian warna yang sama dengan pendukung Prabowo.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan, kehadiran Teddy dalam acara tersebut karena mengikuti agenda Prabowo.

“Dia hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi. Ajudan melekat ikut kegiatan Menhan,” katanya, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, keadaan akan berbeda jika Teddy dan prajurit aktif lainnya okut serta dalam kampanya tersebut atau kemauan sendiri. Ia juga mengatakan bahwa jika Teddy mengenakan seragam militer saat itu adalah tindakan yang salah.

“Seperti saya tulis, kehadirannya tidak mewakili institusi TNI atau pribadi yang ikut berpolitik, yang bersangkutan hanya memposisikan dirinya sebagai ajudan, tidak lebih,” ujarnya.

(rn/dtk)